IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SANTRI (STUDI MULTISITUS DI PPTQ THOHIRON MUBAROKAN GRESIK DAN PONDOK PESANTREN AL ANWAR)

Amin, Muhammad Fathul (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SANTRI (STUDI MULTISITUS DI PPTQ THOHIRON MUBAROKAN GRESIK DAN PONDOK PESANTREN AL ANWAR). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 cover.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB 1)
02 BAB I (1).pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka (2).pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (JURNAL)
09 Jurnal M.Fathul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
10 cek plagiasi M.Fathul Amin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (lembar persetujuan unggah)
011. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum integratif dalam meningkatkan kualitas lulusan santri di dua lembaga pesantren, yaitu PPTQ Thohiron Mubarokan Gresik dan Pondok Pesantren Al Anwar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan lembaga pendidikan Islam untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan, tetapi juga kompeten dalam aspek akademik dan keterampilan hidup yang relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum integratif menjadi alternatif yang menjanjikan karena menggabungkan antara kurikulum nasional dan kurikulum khas pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah studi multisitus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kurikulum integratif dan dampaknya terhadap lulusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pesantren telah mengimplementasikan kurikulum integratif dengan pendekatan yang disesuaikan dengan visi dan karakteristik masing-masing lembaga. PPTQ Thohiron Mubarokan lebih menekankan integrasi antara tahfidz Al-Qur’an dan pelajaran umum, sedangkan Pondok Pesantren Al Anwar mengintegrasikan kajian kitab kuning dengan kurikulum madrasah formal. Meskipun terdapat perbedaan pendekatan, keduanya berhasil menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan seimbang. Kurikulum integratif di kedua pesantren ini terbukti mampu meningkatkan kualitas lulusan santri, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Lulusan tidak hanya memiliki kompetensi keilmuan agama yang kuat, tetapi juga memiliki kemampuan akademik, soft skill, serta kesiapan menghadapi tantangan dunia luar. Hal ini terlihat dari keberhasilan lulusan dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi, terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Dengan demikian, implementasi kurikulum integratif merupakan strategi efektif dalam pengembangan mutu pendidikan pesantren. Diperlukan dukungan kebijakan dari pemerintah dan sinergi antar-lembaga pendidikan Islam agar model ini dapat direplikasi secara luas. Penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi dalam pengembangan kurikulum berbasis integrasi yang kontekstual dan adaptif terhadap kebutuhan zaman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Integratif, Kualitas Lulusan, Santri, Pondok Pesantren, Studi Multisitus, PPTQ Thohiron Mubarokan, Pondok Pesantren Al Anwar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Muhammad Fathul Amin
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:31
Last Modified: 13 Aug 2025 06:31
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item