STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERNALISASI NILAI NASIONALISME (STUDI KASUS DI UPT TK NEGERI PEMBINA KEC. BALONGPANGGANG)

Murni, Murni (2025) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERNALISASI NILAI NASIONALISME (STUDI KASUS DI UPT TK NEGERI PEMBINA KEC. BALONGPANGGANG). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
01 COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk: (1 Mengetahui proses penguatan pendidikan karakter melalui internalisasi nilai-nilai nasionalisme di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Balongpanggang. (2) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui internalisasi nilai nasionalisme di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Balongpanggang. (3) Mengetahui Strategi dalam penguatan pendidikan karakter melalui internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada anak usia dini di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Balongpanggang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi untuk mengungkap nilai-nilai dan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini dilakukan di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Balongpanggang. dengan subyek kepala sekolah dan guru kelompok. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Data penelitian dianalisis sesuai dengan pendekatan kualitatif fenomenologi yaitu: mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, mene-coding, mendeskripsikan setting, menunjukkan deskripsi, dan menginterpretasi data Hasil penilitan ini menunjukkan, bahawa: (1) nilai-nilai nasionalisme yang terdapat di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Balongpanggang terdiri atas 8 (delapan) nilai, yaitu ramah, disiplin, kepedulian, keberanian, patriotic, kebersamaan, toleransi, dan religius; (2) penanaman nilai-nilai nasionalisme di TK Kemala Bhayangkari 03 selong dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu: (a) kegiatan pembelajaran dengan mengkaitkan nilai-nilai nasionalisme yang dijabarkan melalui silabus, RPPH dan dilaksnakan dalam bentuk kegiatan pembelajaran di kelas; (b) kegiatn pembiasaan dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, dan kegiatan spontan; (c) peran kepala sekolah dan guru. Adapun peran kepala sekolah yaitu sebagai pemimpin, teladan, pendorong, dan pengawas, kemudian peran guru di sekolah yaitu sebagai teladan, pengarah, motivasi, dan mediasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Internalisasi Nilai Nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: MURNI ,
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:39
Last Modified: 12 Aug 2025 05:39
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item