pengaruh cognitive behavioral therapy (restrukturing kognitif) terhadap perilaku bullying pada remaja

agustin, nihla akhyaro (2025) pengaruh cognitive behavioral therapy (restrukturing kognitif) terhadap perilaku bullying pada remaja. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 cover)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02 bab 1)
BAB 1.pdf

Download (29kB)
[img] Text (03 bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text (04 bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text (05 bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text (06 bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text (07 bab 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text (08 daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (129kB)
[img] Text (09 lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (10 cek plagiasi)
TURNITIN (TINA CAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (11 jurnal)
jurnal+tinacantik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text (12 lembar persetujuan)
lembar persetujuan (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

Bullying merupakan salah satu permasalahan utama dalam dunia pendidikan yang berdampak fisik, psikologis, dan sosial pada remaja. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan teknik restrukturing kognitif dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk mengurangi perilaku bullying.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (Restrukturing Kognitif) terhadap perilaku bullying pada remaja.Desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Sampel terdiri dari 39 siswa SMPN 11 Gresik yang pernah melakukan bullying, dipilih melalui teknik purposive sampling. Intervensi berupa CBT dilakukan selama 2 minggu, masing-masing sesi berdurasi 45 menit sebanyak 6 kali. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan pada tingkat perilaku bullying setelah pemberian terapi CBT (p = 0,000). Sebagian besar responden mengalami penurunan kategori dari sedang menjadi ringan. Cognitive Behavioral Therapy (Restrukturing Kognitif) efektif dalam mengurangi perilaku bullying pada remaja. Terapi ini dapat menjadi salah satu intervensi yang direkomendasikan dalam bidang keperawatan jiwa remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Bullying, Cognitive Behavioral Therapy, Restrukturing Kognitif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nihla Akhyaro Agustin
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:51
Last Modified: 31 Jul 2025 03:51
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item