Choirunisah, Siti (2025) MANAJEMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS DI TKN PEMBINA GONDANGWETAN KABUPATEN PASURUAN DAN TK WIDURI BUGUL LOR KOTA PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 cover)
01 cover.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
![]() |
Text (07 Daftar Pustaka)
07 Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (08 Lampiran)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (09 Artikel Jurnal Tesis)
09 Artikel Jurnal Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
![]() |
Text (10 cek plagiasi siti choirunisah)
10 cek plagiasi siti choirunisah.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
Text (11 Lembar persetujuan unggah dan orisinil)
11 Lembar persetujuan unggah dan orisinil.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di TKN Pembina Gondangwetan Kabupaten Pasuruan dan TK Widuri Bugul Lor Kota Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen administrasi di TKN Pembina Gondangwetan dan TK Widuri Bugul Lor telah dilakukan secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan, baik secara nasional maupun kelembagaan, melalui pemberdayaan sumber daya manusia dan pengelolaan komponen sekolah yang efektif. Kualitas layanan pendidikan di kedua TK ditunjukkan oleh kompetensi guru yang memadai, interaksi yang positif dengan peserta didik, serta penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Selain itu, pengelolaan administratif dilakukan secara tertib dan terencana, menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak secara holistik. Secara keseluruhan, manajemen administrasi sekolah di kedua lembaga berhasil menciptakan ekosistem pendidikan yang harmonis, efisien, dan berdaya dukung tinggi, serta menjadi faktor pendorong utama dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Administrasi, Kualitas Layanan, TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | SITI CHOIRUNISAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:51 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |