agustin, nihla akhyaro (2025) pengaruh cognitive behavioral therapy (restrukturing kognitif) terhadap perilaku bullying pada remaja. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 cover)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (02 bab 1)
BAB 1.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (03 bab 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
![]() |
Text (04 bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
![]() |
Text (05 bab 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
![]() |
Text (06 bab 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
![]() |
Text (07 bab 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text (08 daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (09 lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (10 cek plagiasi)
TURNITIN (TINA CAN).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (11 jurnal)
jurnal+tinacantik.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
![]() |
Text (12 lembar persetujuan)
lembar persetujuan (1).pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
Abstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan utama dalam dunia pendidikan yang berdampak fisik, psikologis, dan sosial pada remaja. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan teknik restrukturing kognitif dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk mengurangi perilaku bullying.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (Restrukturing Kognitif) terhadap perilaku bullying pada remaja.Desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Sampel terdiri dari 39 siswa SMPN 11 Gresik yang pernah melakukan bullying, dipilih melalui teknik purposive sampling. Intervensi berupa CBT dilakukan selama 2 minggu, masing-masing sesi berdurasi 45 menit sebanyak 6 kali. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan pada tingkat perilaku bullying setelah pemberian terapi CBT (p = 0,000). Sebagian besar responden mengalami penurunan kategori dari sedang menjadi ringan. Cognitive Behavioral Therapy (Restrukturing Kognitif) efektif dalam mengurangi perilaku bullying pada remaja. Terapi ini dapat menjadi salah satu intervensi yang direkomendasikan dalam bidang keperawatan jiwa remaja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Bullying, Cognitive Behavioral Therapy, Restrukturing Kognitif |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Nihla Akhyaro Agustin |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:51 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:51 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |