MODEL KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI GUGUS SEKOLAH III GEMPOL PASURUAN

Mujiati, Mujiati (2021) MODEL KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI GUGUS SEKOLAH III GEMPOL PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
09 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Mujiati_190100022).pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia diperlukan peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan peningkatan profesionalisme guru karena guru memiliki tugas utama sebagai pengajar dan pendidik. Untuk meningkatkan profesionalisme guru diperlukan kepala sekolah yang memiliki keterampilan manajerial dan keterampilan sosial yang baik yang dapat mengarahkan, membimbing, melatih, mengkoordinasi seluruh kegiatan sekolah. kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan kewajiban membutuhkan keterampilan-keterampilan untuk dapat menjalin kerja sama dengan guru dan karyawan sekolah, menjalin komunikasi, dan mengevaluasi kinerja guru untuk mengembangkan profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji t yaitu t-hitung yang dihasilkan sebesar 5,979 yang lebih besar dari t-tabel dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu 0,000 dan besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 40,70%; (2) terdapat pengaruh model keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji t yaitu t-hitung yang dihasilkan sebesar 5,406 yang lebih besar dari t-tabel dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu 0,000 dan besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 36%; dan (3) terdapat pengaruh secara simultan antara model keterampilan manajerial dan keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji F yaitu diperoleh F-hitung yang dihasilkan sebesar 244,817 yang lebih besar dari F-tabel dengan nilai signifikasi 0,000 di bawah 5%. Besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan manajerial dan keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 90,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan manajerial kepala sekolah, keterampilan sosial kepala sekolah, profesionalisme guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:53
Last Modified: 14 Sep 2022 00:53
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item