Supriyadi, Supriyadi (2025) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH BERBASIS SERVANT LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU (STUDI MULTI SITUS DI MA. AL-MUNAWWAR DAN MA. AL-ROSYID BOJONEGORO). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
01. COVER.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (JURNAL)
09. Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text (PLAGIASI TESIS)
10. Plagiasi tesis - supriyadi.pdf Restricted to Registered users only Download (33MB) |
![]() |
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
11. Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, serta strategi kepemimpinan kepala Madrasah Berbasis Servant Leadership Dalam Meningkatkan Motivasi Guru di MA. Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid. Metode Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru, TU, komite dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepemimpinan di MA Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid Bojonegoro telah menerapkan kepemimpinan berbasis servant leadership dengan ditunjukkan oleh diterapkannya karakteristik servant leadership. Selanjutnya kepemimpinan madrasah dalam meningkatkan motivasi guru dengan membangun kedekatan dengan guru, empati dalam mendengarkan dan memahami kebutuhan bawahan, serta keterbukaan terhadap masukan dari guru dan siswa, sehingga menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi, rasa tanggung jawab, dan integritas guru untuk kemajuan lembaga., 2) Kepemimpinan berbasis servant leadership di MA. Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid dalam meningkatkan motivasi guru dipengaruhi oleh faktor pendukung antara lain keberadaan teknologi informasi dan komunikasi, dukungan yayasan, dan lingkungan kerja yang kondusif, serta dihambat oleh beberapa faktor antara lain keberagaman SDM, tuntutan pekerjaan, kesejahteraan guru, dan fasilitas yang kurang memadai., 3) Strategi Kepemimpinan di MA Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid Bojonegoro dalam meningkatkan motivasi guru adalah dengan mendengar, berkomunikasi dan memberi solusi. Ketiga aspek ini tidak berdiri sendiri, melainkan membentuk satu kesatuan proses yang saling berkaitan. Kemampuan Kepala Madrasah untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi guru menjadi langkah awal untuk mengetahui penyebab menurunnya motivasi guru apakah dari faktor intrinsik atau ekstrinsik. Dengan mendengar juga akan memulai hubungan baru yang saling percaya antara guru dan kepala madrasah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, kepemimpinan, kepala madrasah, servant leadership, motivasi guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Supriyadi , |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:48 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |