MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN (STUDI MULTI SITUS DI MA AL-MUNAWWAR DAN MA AL-ROSYID BOJONEGORO)

Handayani, Dwi (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN (STUDI MULTI SITUS DI MA AL-MUNAWWAR DAN MA AL-ROSYID BOJONEGORO). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PPUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (JURNAL)
09. Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (PLAGIASI TESIS)
10. Plagiasi Tesis-Dwi Handayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
[img] Text (PERSETUJUAN)
11. Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran muatan lokal kepesantrenan dalam meningkatkan kompetensi keagamaan di MA. Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid Bojonegoro. Metode Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Waka Kurikulum Waka Kesiswaan, Guru Muatan Lokal, dan Ustadz Ponpes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran muatan lokal kepesantrenan disusun selaras dengan visi misi madrasah dan yayasan pondok pesantren. Kolaborasi antara waka kurikulum, guru, dan ustadz dilakukan secara formal dan informal, termasuk lewat media daring. Perencanaan memperhatikan kalender pendidikan, kurikulum, karakter siswa, serta konteks sosial budaya dan nilai keagamaan, 2) Pelaksanaan berjalan efektif melalui koordinasi guru dan ustadz pesantren. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan bahasa yang mudah, melibatkan siswa secara aktif, dan pendekatan cerita. Guru juga berperan sebagai teladan dan membangun hubungan positif untuk meningkatkan motivasi belajar. 3) Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif mencakup observasi, penilaian harian, portofolio, dan umpan balik siswa. Evaluasi sumatif dilaksanakan di akhir pembelajaran untuk mengukur pencapaian hasil belajar dan menentukan tindak lanjut pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, muatan lokal kepesantrenan, kompetensi keagamaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Dwi Handayani
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:24
Last Modified: 11 Aug 2025 04:24
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item