Handayani, Dwi (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN (STUDI MULTI SITUS DI MA AL-MUNAWWAR DAN MA AL-ROSYID BOJONEGORO). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
01. COVER.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
![]() |
Text (BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PPUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (JURNAL)
09. Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
![]() |
Text (PLAGIASI TESIS)
10. Plagiasi Tesis-Dwi Handayani.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
![]() |
Text (PERSETUJUAN)
11. Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran muatan lokal kepesantrenan dalam meningkatkan kompetensi keagamaan di MA. Al-Munawwar dan MA. Al-Rosyid Bojonegoro. Metode Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Waka Kurikulum Waka Kesiswaan, Guru Muatan Lokal, dan Ustadz Ponpes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran muatan lokal kepesantrenan disusun selaras dengan visi misi madrasah dan yayasan pondok pesantren. Kolaborasi antara waka kurikulum, guru, dan ustadz dilakukan secara formal dan informal, termasuk lewat media daring. Perencanaan memperhatikan kalender pendidikan, kurikulum, karakter siswa, serta konteks sosial budaya dan nilai keagamaan, 2) Pelaksanaan berjalan efektif melalui koordinasi guru dan ustadz pesantren. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan bahasa yang mudah, melibatkan siswa secara aktif, dan pendekatan cerita. Guru juga berperan sebagai teladan dan membangun hubungan positif untuk meningkatkan motivasi belajar. 3) Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif mencakup observasi, penilaian harian, portofolio, dan umpan balik siswa. Evaluasi sumatif dilaksanakan di akhir pembelajaran untuk mengukur pencapaian hasil belajar dan menentukan tindak lanjut pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pembelajaran, muatan lokal kepesantrenan, kompetensi keagamaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Dwi Handayani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:24 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |