MANAJEMEN INOVASI PERPUSTAKAAN " KEBUN BUKU " SMANUSA LIBRARY DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK

SAIFUDDIN ZUHRI, SAIFUDDIN (2025) MANAJEMEN INOVASI PERPUSTAKAAN " KEBUN BUKU " SMANUSA LIBRARY DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK. Masters thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (1. COVER)
01. COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (2. BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text (3. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text (4. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text (5. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (6. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text (7. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (8. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (9. JURNAL)
09. JURNAL MANAJEMEN INOVASI PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text (10. CEK PLAGIASI)
10. PLAGIASI TESIS_SAIFUDDIN_ZUHRI 32%.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN & BIMBINGAN TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Saifuddin Zuhri, 2025, Manajemen Inovasi Perpustakaan “Kebun Buku” Smanusa Library dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Gresik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk manajemen inovasi yang diterapkan di perpustakaan “Kebun Buku” Smanusa Library dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu (1) inovasi dalam perencanaan, (2) pelayanan, serta (3) pengawasan dan evaluasi perpustakaan. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari pentingnya peran perpustakaan sekolah sebagai pusat informasi dan pembelajaran yang responsif terhadap perkembangan teknologi, perubahan karakteristik peserta didik generasi Z, serta implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi perencanaan dilakukan secara kolaboratif dan berbasis kebutuhan pengguna, dengan integrasi teknologi dan program literasi digital. Inovasi pelayanan mencakup digitalisasi layanan, penyediaan ruang belajar aktif, serta pemanfaatan media sosial dan layanan daring. Sementara itu, pengawasan dan evaluasi dilakukan secara sistematis, berbasis data, serta melibatkan guru dan siswa melalui forum dan kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen inovasi yang diterapkan di perpustakaan “Kebun Buku” mampu menjadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran yang adaptif, kolaboratif, dan inklusif. Inovasi tersebut berdampak positif terhadap peningkatan akses informasi, keterlibatan siswa, serta penguatan budaya literasi di lingkungan sekolah. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori dan praktik manajemen perpustakaan sekolah di era digital dan dapat menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan pendidikan berbasis transformasi layanan perpustakaan. Kata Kunci: manajemen inovasi, perpustakaan sekolah, mutu pendidikan, digitalisasi layanan, literasi informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: SAIFUDDIN ZUHRI
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:13
Last Modified: 11 Aug 2025 03:36
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item