MODEL PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SD UMMU AIMAN DAN SDI NU LAWANG

Susanti, Anik (2025) MODEL PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SD UMMU AIMAN DAN SDI NU LAWANG. Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (JURNAL TESIS)
09 JURNAL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text (HASIL PLAGIASI)
10 HASIL PLAGIASI_ANIK SUSANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk meningkatkan karakter siswa di SD Ummu Aiman dan SDI NU Lawang. Kenakalan remaja bisa menjadi tanda awal perilaku yang lebih serius jika tidak ditangani. Untuk mengatasi kenakalan remaja perlu adanya pendekatan yang penuh perhatian, pendidikan karakter yang kuat sebagai upaya memperbaiki perilaku. Pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus multidimensi digunakan untuk menggali informasi secara mendalam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pihak terkait, serta studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk meningkatkan karakter siswa di kedua sekolah terdapat beberapa tahapan yaitu: 1) Perencanaan. 2) Pengorganisasian 3) Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an yang terstruktur. 4) Pengawasan dilakukan melalui. Model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an di kedua sekolah memenuhi 4 faktor kunci itu terdiri dari yaitu: 1) Komunikasi, 2) Sumber Daya, 3) Disposisi (Sikap Pelaksanaan), 4) Struktur Birokrasi. Dampak penerapan model manajamen pendidikan Al Qur’an menunjukkan peningkatan karakter siswa, khususnya: 1) Karakter Religius (rajin ibadah, gemar membaca Al Qur’an), 2) Disiplin (tepat waktu hadir dan melaksanakan tugas sekolah), 3) Tanggung Jawab (menjaga hafalan dan amanah terhadap tugas yang diberikan, 4) Santun dan menghargai orang lain (terlihat dalam interaksi sehari-hari). Model ini menekankan pada peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai fasilitator dan motivator, serta pentingnya partisipasi aktif guru. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori manajemen pendidikan dan model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk peningkatan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Penerapan, Manajemen, Pendidikan Al Qur’an, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Anik Susanti
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:42
Last Modified: 05 Aug 2025 01:42
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item