Susanti, Anik (2025) MODEL PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SD UMMU AIMAN DAN SDI NU LAWANG. Other thesis, Universitas Gresik.
![]() |
Text (COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (JURNAL TESIS)
09 JURNAL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
![]() |
Text (HASIL PLAGIASI)
10 HASIL PLAGIASI_ANIK SUSANTI.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk meningkatkan karakter siswa di SD Ummu Aiman dan SDI NU Lawang. Kenakalan remaja bisa menjadi tanda awal perilaku yang lebih serius jika tidak ditangani. Untuk mengatasi kenakalan remaja perlu adanya pendekatan yang penuh perhatian, pendidikan karakter yang kuat sebagai upaya memperbaiki perilaku. Pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus multidimensi digunakan untuk menggali informasi secara mendalam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pihak terkait, serta studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk meningkatkan karakter siswa di kedua sekolah terdapat beberapa tahapan yaitu: 1) Perencanaan. 2) Pengorganisasian 3) Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an yang terstruktur. 4) Pengawasan dilakukan melalui. Model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an di kedua sekolah memenuhi 4 faktor kunci itu terdiri dari yaitu: 1) Komunikasi, 2) Sumber Daya, 3) Disposisi (Sikap Pelaksanaan), 4) Struktur Birokrasi. Dampak penerapan model manajamen pendidikan Al Qur’an menunjukkan peningkatan karakter siswa, khususnya: 1) Karakter Religius (rajin ibadah, gemar membaca Al Qur’an), 2) Disiplin (tepat waktu hadir dan melaksanakan tugas sekolah), 3) Tanggung Jawab (menjaga hafalan dan amanah terhadap tugas yang diberikan, 4) Santun dan menghargai orang lain (terlihat dalam interaksi sehari-hari). Model ini menekankan pada peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai fasilitator dan motivator, serta pentingnya partisipasi aktif guru. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori manajemen pendidikan dan model penerapan manajemen pendidikan Al Qur’an untuk peningkatan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Penerapan, Manajemen, Pendidikan Al Qur’an, Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Anik Susanti |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:42 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |