Handayani, Sulfiya (2025) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK(STUDI MULTI KASUS DI SMK NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN DAN SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (770kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
![]() |
Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi budaya sekolah berbasis karakter di SMK Negeri 1 Duduksampeyan dan SMK Muhammadiyah 3 Gresik untuk meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi budaya sekolah berbasis karakter dalam meningkatkan prestasi siswa di SMK Negeri 1 Duduksampeyan dan SMK Muhammadiyah 3 Gresik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi multi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan staf kesiswaan, serta observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Duduksampeyan dan SMK Muhammadiyah 3 Gresik. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Tahapan yang dilakukan dalam perencanaan budaya sekolah berbasis karakter terdiri dari sembilan tahapan, yaitu mengidentifikasi nilai karakter yang akan dibangun, menganalisis kebutuhan dan kondisi sekolah, menyusun visi dan misi berbasis karakter, mengembangkan program dan kegiatan, melibatkan guru dan tenaga kependidikan, menguatkan peran keluarga dan masyarakat, menyusun kebijakan sekolah yang mendukung, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan dan publikasi dan internalisasi budaya. (2) Tahapan yang dilakukan dalam implementasi budaya sekolah berbasis karakter terdiri dari enam tahapan, yaitu sosialisasi dan internalisasi, memberikan keteladanan kepada siswa, melakukan pembiasaan nilai karakter, membangun dan mematuhi peraturan sekolah, melakukan pendampingan siswa, evaluasi dan refleksi. (3) Implementasi budaya sekolah berbasis karakter berhasil membawa perubahan dalam hal pencapaiannya prestasi siswa baik prestasi akademik maupun non akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya sekolah, pendidikan karakter, prestasi siswa, SMK, studi multi kasus. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Sulfiya Handayani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:32 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |