Halim, Abdullah (2025) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 1 DUKUN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01. COVER)
01. COVER.pdf Download (849kB) |
![]() |
Text (02.BAB 1)
02. BAB 1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (03.BAB 2)
03. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text (04.BAB 3)
04. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
![]() |
Text (05.BAB 4)
05. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
![]() |
Text (06.BAB 5)
06. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
![]() |
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (09. JURNAL ARTIKEL TESIS)
09. JURNAL ARTIKEL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
![]() |
Text (10. PLAGIASI TESIS)
10. PLAGIASI TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
![]() |
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh transformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka yang bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Profil Pelajar Pancasila menjadi arah pembelajaran, sehingga dibutuhkan manajemen kurikulum yang sistematis agar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berjalan efektif. Oleh karena itu, manajemen Kurikulum Merdeka menjadi kunci dalam mewujudkan karakter siswa secara nyata. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Dukun Gresik, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tim P5, dan siswa. Data dianalisis secara tematik untuk menemukan pola dan tema kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan secara kolaboratif melalui penyusunan KOSP yang adaptif dan mengintegrasikan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila; (2) Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui pembelajaran berdiferensiasi dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mencakup tema Suara Demokrasi, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Kewirausahaan, yang memperkuat karakter siswa secara kontekstual; (3) Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui refleksi dan supervisi berbasis coaching. Evaluasi mencakup pemetaan asesmen, pembuatan rubrik, proses asesmen, dan pelaporan P5, yang menghasilkan umpan balik untuk penguatan pembelajaran dan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Manajemen Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, SMA Negeri 1 Dukun Gresik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ABDULLAH HALIM |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:21 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |