MANAJEMEN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 75 GRESIK

Fatmala, Siska (2022) MANAJEMEN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 75 GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER & ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (58kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf

Download (300kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 CEK PLAGIASI.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Siska Fatmala_2018060004).pdf

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini tentang manajemen sarana dan prasarana terhadap kualitas pendidikan. Kajiannya dilatar belakangi dengan sarana yang menunjang terhadap kualitas pendidikan. Yang paling penting dalam proses pembelajaran. Karena dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat mempunyai pengaruh besar, maka dari itu harus ada manajemen sarana dan prasarana yang baik sehingga dapat menunjang kualitas pendidikan. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran di SDN 75 Gresik Kabupaten Gresik? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran di SDN 75 Gresik Kabupaten Gresik?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi sarana dan prasarana, manajemen sarana dan prasarana dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pelaksanakan manajemen sarana dan prasarana terhadap kualitas pembelajaran di SDN 75 Gresik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif yaitu dengan terjun langsung ke lapangan, untuk menganalisis kemudian menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan penerapan manajemen sarana dan prasarana di SDN 75 Gresik meliputi: (1) perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat dan melakukan usulan. (2) pengadaan dilakukan denganmengusulkan semua kebutuhan guru, tetapi di pengadaan ini tidak semua bisa diadakan, karena keterbatasan dana. Dana biasanya berasal dari dana BOS dan bantuan dari masyarakat setempat. (3) inventarisasi dengan cara mencatat barang masuk dan keluar. (4) penghapusan dan pemeliharaan dilakukan dengan cara membersihkan dan merawat sarana prasarana, untuk barang yang sudah tidak layak pakai biasanya di letakkan di gudang. Faktor pendukungnya antusias warga sekolah untuk merawat dan menjaga sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya dana sehingga tidak semua fasilitas sarana dan prasarana bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:17
Last Modified: 16 Nov 2022 04:17
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item