MODEL MANAJEMEN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hekmat, Mohammad (2021) MODEL MANAJEMEN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (332kB)
[img] Text
02 Bab 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
07 Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Mohammad Hekmat_190100025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

Model manajemen strategi pembelajaran adalah bagaimana bentuk strategi pembelajaran itu dikelola oleh guru, agar siswa sebagai pembelajar motivasinya menjadi bangkit. Membangkitkan motivasi belajar siswa sangat tergantung bagaimana guru mengelola strategi yang dipilih. Manajemen strategi pembelajaran harus adaptif terhadap potensi siswa, agar para siswa mampu beradaptasi dengan pengelolaan strategi yang dilakukan oleh guru, sehingga timbunya motivasi dari siswa tersebut efektif dan efisien. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang Manajemen Strategi Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada UPTD SDN Ragung 1 dan UPTD SDN Ragung 2 Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana model manajemen strategi pembelajaran di UPTD SDN Ragung 1 dan UPTD SDN Ragung 2 Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang; (b) bagaimana cara guru meningkatkan motivasi belajar siswa di UPTD SDN Ragung 1 dan UPTD SDN Ragung 2 Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang; dan (c) bagaimana motivasi belajar siswa di UPTD SDN Ragung 1 dan UPTD SDN Ragung 2 Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Manajemen sekolah terletak pada pemegang utama yaitu kepala sekolah dan seluruh organisasi sekolah. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk menggerakkan sistem yang ada pada sekolah tersebut. Kepala sekolah sebagai top management tentu tidak lepas dari campur tangan majunya sebuah lembaga pendidikan. Baik buruknya organisasi sering kali sebagian besar tergantung pada faktor pemimpin. Hasil temuan penelitian ini membuktikan bahwa keterbukaan, fleksibel, dinamis, dan efektif serta adafptif, dan siswa dimotivasi agar mampu menguasai materi belajar dari sifat struktur kurikulum yang dibuat oleh sekolah, membuat sekolah menjadi unggul dalam prestasi, baikprestasi yang diperoleh di bidang akademik maupun non akademik. Dan membuktikan bahwa motivasi berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa peran motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar menjadi penting terutama pada siswa, karena hasil belajar akan menjadi lebih maksimal,jika individu memiliki motivasi yang baik. Jadi kesimpulannya bahwa motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, baik dari luar maupun dalam diri individu. Motivasi berperan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses belajar dan mengajar, sebab dengan adanya motivasi, minat belajar siswa akan semakin meningkat untuk mencapai sesuatu yang diharapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:58
Last Modified: 13 Sep 2022 06:58
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item