Chandra, Evif Lusia (2021) PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SARIREJO KABUPATEN LAMONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 Cover.pdf Download (332kB) |
|
Text
02 Bab 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
03 Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
05 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
06 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
07 Daftar Pustaka.pdf Download (406kB) |
|
Text
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
09 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Evif Lusia Chandra_190100010).pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
Abstract
Menurut Sagala (2010) bahwa sekolah yang berhasil dalam meningkatkan mutu pendidikannya ditentukan oleh faktor-faktor antara lain: (1) perumusan visi, misi dan tujuan sekolah (2) evaluasi diri sekolah (3) peranan kepala sekolah (4) peningkatan mutu guru. Suryadi dan H.A.R Tilaar (1995, hal. 108) menjelaskan bahwa mutu pendidikan adalah merupakan kemampuan sistem pendidikan yang diarahkan secara efektif untuk meningkatkan nilai tambah faktor input agar menghasilkan out put yang setinggi-tingginya. Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah (Depdiknas, 2008:1). Hal ini di sebabkan karena guru merupakan titik sentral dalam pembaharuan dan peningkatan mutu pendidikan, dengan kata lain salah satu persyaratan penting bagi terwujudnya pendidikan yang bermutu adalah apabila pelaksanaannya dilakukan oleh pendidik-pendidik yang keprofesionalan nya dapat diandalkan. Tinggi rendahnya mutu hasil belajar siswa banyak tergantung pada kemampuan mengajar guru. Apabila guru memiliki kemampuan mengajar yang baik, maka akan membawa dampak peningkatan iklim belajar mengajar yang baik pula. Dalam UU No 20 Tahun 2003 BAB XI pasal 39 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengatakan bahwa tenaga kependidikan bertanggungjawab melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Berdasar UU ini, maka tenaga kependidikan sangat berperan dan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang pengaruh manajemen kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana manajemen kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; (b) bagaimana manajemen kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan diSMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; dan (c) bagaimana mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Kesimpulan dalam penelitian di SMK Negeri 1 Sarirejo adalah : (1) Manajemen kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan bahwa kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan telah menjalankan fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan penilaian dengan baik demi kemajuan SMK Negeri 1 Sarirejo.(2) Manajemen kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan karena kepala sekolah sebagai edukator , manajer ,administrator , supervisor , leader , inovator dan motivator serta sikap guru dan tenaga kependidikan sangat mendukung dan berperan aktif terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Sarirejo (3) Mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Sarirejo dikategorikan baik di lihat dari komponen input, proses, output, income dan impact yang dapat dilihat pada rapot mutu SMK negeri 1 Sarirejo serta budaya mutu yang diterapkan di SMK Negeri 1 Sarirejo adalah sesuai dengan visinya yaitu terwujudnya keunggulan skill, intelektual, berdaya saing dan berwawasan lingkungan yang berlandaskan akhlaqul karimah sesuai dengan slogannya hebat bermartabat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 01:39 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 01:39 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
View Item |