MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL GRAASROOTS DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MAARIF SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Mas'udah, Lilik (2025) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL GRAASROOTS DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MAARIF SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. cover.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (JURNAL)
09. JURNAL LILIK MAS'UDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH)
ilovepdf_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kembalinya beberapa sekolah pada jenjang SMA yang menggunakan Kurikulum merdeka dan KTSP pada semester genap 2024/2025 tidak mengurangi permasalahan yang ditimbulkan pada Kurikulum Merdeka mengenai ketidakterurutan materi pada pembelajaran matematika pada Program IPA. Terjadinya ketidakterurutan materi tersebut tentu akan berpengaruh terhadap pembelajaran, karena harus bertahap dan beruntun secara sistematis serta berdasarkan pada pengalaman belajar yang lalu. Terjadinya ketidakterurutan ini tentu menimbulkan sebuah pemikiran bahwa dibutuhkan cara dalam mengembangkan kurikulum SMA Maarif Sukorejo tersebut. Pengorganisasian kurikulum menjadi hal yang penting melalui correlated curriculum dan dibutuhkan penelitian mengenai sebuah model dalam mengembangkan kurikulum matematika SMA SMA Maarif Sukorejo yang inisiatif pengembangan kurikulum berada di tangan guru-guru sebagai pelaksana kurikulum sekolah. Model pengembangan kurikulum yang berasal dari pemikiran guru inilah yang selanjutnya disebut sebagai model Grass-root. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kurikulum Model Grass-root di SMA Program IPA dan untuk mengevaluasi rekomendasi kelayakan Kurikulum Matematika Model Grass-root di SMA Program IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian ini adalah studi di SMA Maarif Sukorejo Kabupaten Pasuruan dan keluaran dari penelitian ini adalah berupa kurikulum SMA SMA Maarif Sukorejo Program IPA hasil pengembangan dengan menggunakan model grass-root. Penelitian ini dilakukan di SMA Maarif Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu define, develop dan evaluation. Pada tahap define data diperoleh melalui studi literature dan lapangan. Pada tahap develop data diperoleh melalui FGD identifikasi kebutuhan materi contohnya matematika pada IPA dan validasi produk dari ahli dan praktisi, kemudian tahap evaluation dilakukan dengan evaluasi yaitu melaui Forum Diskusi tentang evaluasi rekomendasi kelayakan. Dalam melakukan analisis data terhadap data penelitian ini dilakukan memalui dua hal, yaitu kesesuaian produk menggunakan skala likert dan tentang evaluasi evaluasi rekomendasi kelayakan analisisnya menggunakan penarikan kesimpulan dari rekomendasi yang dihasilkan pada FGD. Berdasarkan uji validasi produk, model dari hasil pengembangan ini dinyatakan sesuai dan dapat dipergunakan, dan dari hasil evaluasi evaluasi rekomendasi kelayakan pada tahap evaluation melalui FGD evaluasi rekomendasi kelayakan model grass-root ini memiliki kelayakan dalam aplikabilitasnya di pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengembangan, Kurikulum, Grass-root, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Lilik Mas'udah
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:11
Last Modified: 21 Aug 2025 02:11
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item