Siti Sa’idah, R. Kingkin (2025) SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN GEMPOL. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
![]() |
Text (JURNAL)
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
![]() |
Text (PLAGIASI)
PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan dan peran supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pendidik di PAUD Tunas Bangsa. Supervisi akademik merupakan pembinaan sistematis oleh kepala sekolah yang berfokus pada peningkatan profesionalisme pendidik melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pembelajaran. Kompetensi yang dikembangkan meliputi aspek pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah dan pendidik sebagai subjek, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan secara rutin dan kolaboratif efektif dalam meningkatkan kompetensi pendidik, memperbaiki strategi pembelajaran, serta mendorong motivasi dan pengembangan diri. Beberapa faktor hambatan yang dialam dalam pelaksanaan suvervisi diantaranya keterbatasan waktu dalam pelaksanaan supervisi, kurangnya kesiapan dan motivasi pendidik, Teknik supervisi yang tidak sesuai , kondisi pendidik pada saat pelaksanaan supervisi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kompetensi Pendidik, PAUD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | R.KINGKIN SITI SA'IDAH |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:09 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |