STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN IKLIM SEKOLAH RAMAH ANAK (Studi Multisitus Di SDN Ranuyoso 03 dan SDN Ranubedali 02 Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang)

Kusrini, Ida (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN IKLIM SEKOLAH RAMAH ANAK (Studi Multisitus Di SDN Ranuyoso 03 dan SDN Ranubedali 02 Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang). Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (BAB 1)
2 BAB 1.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2)
3 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text (BAB 3)
4 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text (BAB 4)
5 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text (BAB 5)
6 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (JURNAL)
9 Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (HASIL PLAGIASI)
10 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Kepala Sekolah dalam membangun iklim sekolah ramah anak di SDN Ranuyoso 03 dan SDN Ranubedali 02, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Studi ini didasari oleh urgensi menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung hak-hak anak agar mereka dapat berkembang secara optimal. Tiga rumusan masalah utama menjadi fokus penelitian ini: (1) bagaimana kepala sekolah merumuskan strategi untuk membangun iklim sekolah ramah anak; (2) bagaimana kepala sekolah melaksanakan iklim sekolah ramah anak; dan (3) bagaimana karakteristik iklim sekolah ramah anak yang terbentuk di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multisitus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah, serta analisis dokumen terkait. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan strategi dilakukan melalui identifikasi kebutuhan, penetapan visi dan misi, serta penyusunan program kerja yang melibatkan seluruh warga sekolah. Pelaksanaan strategi meliputi sosialisasi, pelatihan, pembentukan tim, penyediaan fasilitas, serta pengawasan dan evaluasi berkelanjutan. Karakteristik iklim sekolah ramah anak yang terbentuk di kedua sekolah tersebut ditandai dengan adanya rasa aman, kebebasan berekspresi, partisipasi aktif siswa, hubungan positif antar warga sekolah, serta komitmen tinggi dari kepala sekolah dan guru. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi kepala sekolah lain dalam mengembangkan iklim sekolah yang responsif terhadap kebutuhan dan hak-hak anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sekolah ramah anak, strategi kepala sekolah, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: IDA KUSRINI
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:29
Last Modified: 06 Aug 2025 07:29
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item