Rokhim, Abdul (2025) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS BALIDERAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DI SDN TUTUR II KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01. COVER_ABDUL ROKHIM.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text (02 BAB I)
02. BAB I_ABDUL ROKHIM.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (03 BAB II)
03. BAB II_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
![]() |
Text (04 BAB III)
04. BAB III_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
![]() |
Text (05 BAB IV)
05. BAB IV_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06 BAB V)
06. BAB V_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA_ABDUL ROKHIM.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09.JURNAL_ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
Text (10 HASIL PLAGIASI THESIS)
10. HASIL PLAGIASI THESIS ABDUL ROKHIM.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi budaya sekolah berbasis BALIDERAN (Baca, Tulis, Dengar, Bicara, dan Koran) dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SDN Tutur II, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat literasi siswa yang ditandai dengan minimnya minat baca, kemampuan menulis yang terbatas, serta kurangnya keterampilan dalam menyimak dan berbicara secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program BALIDERAN dilaksanakan melalui pembiasaan membaca 15 menit setiap pagi, pengembangan pojok baca kelas, lomba literasi, pemanfaatan media audio visual, serta kegiatan diskusi dan presentasi siswa. Selain itu, kegiatan membaca koran setiap Jumat juga diterapkan untuk memperluas wawasan siswa terhadap isu aktual. Implementasi budaya BALIDERAN ini berhasil meningkatkan minat baca siswa, kemampuan menulis narasi sederhana, keterampilan menyimak cerita, serta keberanian berbicara di depan umum. Faktor pendukung keberhasilan program ini antara lain dukungan kepala sekolah, komitmen guru, dan keterlibatan orang tua. Sementara itu, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan koleksi buku, minimnya pelatihan guru, dan kendala waktu dalam integrasi ke kurikulum. Secara keseluruhan, budaya sekolah berbasis BALIDERAN terbukti efektif dalam membentuk ekosistem literasi yang mendukung peningkatan kompetensi literasi dasar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya sekolah, BALIDERAN, literasi, SDN Tutur II |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ABDUL ROKHIM |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:02 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:02 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |