STRATEGI KEPALA SEKOLAH WANITA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS DI SMP NEGERI 1 PASURUAN DAN SMP NEGERI 2 PASURUAN)

Nurul Aini, Widad (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH WANITA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS DI SMP NEGERI 1 PASURUAN DAN SMP NEGERI 2 PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. COVER.pdf

Download (630kB)
[img] Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (09. JURNAL WIDAD NURUL AINI)
09. JURNAL WIDAD NURUL AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text (10, HASIL PLAGIASI WIDAD NURUL AINI)
10. HASIL PLAGIASI WIDAD NURUL AINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah wanita dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Pasuruan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multisitus, melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah wanita menerapkan strategi kepemimpinan transformasional yang bersifat visioner, kolaboratif, dan adaptif terhadap perubahan. Strategi dilaksanakan dengan merujuk pada prinsip manajemen strategis Wheelen & Hunger serta konsep organisasi pembelajar Peter Senge. Implementasi mencakup perumusan visi-misi partisipatif, pengembangan kompetensi guru melalui komunitas belajar dan supervisi akademik, pembelajaran berdiferensiasi, pemanfaatan teknologi (seperti Si Panda dan microsite), serta penguatan pendidikan karakter berbasis nilai. Strategi tersebut berdampak signifikan pada peningkatan prestasi akademik dan non-akademik siswa, profesionalisme guru, budaya kerja kolaboratif, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat. Faktor internal, seperti kompetensi dan visi kepala sekolah, komitmen guru, serta budaya inovatif, dan faktor eksternal, seperti dukungan orang tua, kebijakan zonasi, serta kemajuan teknologi, berperan penting dalam keberhasilan implementasi strategi. Kepala sekolah wanita berhasil memanfaatkan peluang dan mengelola tantangan melalui manajemen partisipatif, komunikasi efektif, dan monitoring berbasis data, sehingga mampu memimpin perubahan pendidikan secara strategis dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi kepemimpinan, kepala sekolah wanita, mutu pendidikan, kepemimpinan transformasional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: WIDAD NURUL AINI
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:54
Last Modified: 06 Aug 2025 04:54
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item