MANAJEMEN STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Multisitus di TK Negeri Pembina Kecamatan Gondangwetan dan TK Dharma wanita persatuan VI Keboncandi Kabupaten Pasuruan)

Maimunah, Maimunah (2025) MANAJEMEN STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Multisitus di TK Negeri Pembina Kecamatan Gondangwetan dan TK Dharma wanita persatuan VI Keboncandi Kabupaten Pasuruan). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 cover maimunah)
01 cover maimunah.pdf

Download (318kB)
[img] Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text (07 Daftar Pustaka)
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text (08 Lampiran)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (09 Artikel Jurnal Tesis)
09 Artikel Jurnal Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text (10 Cek plagiasi Maimunah)
10 Cek plagiasi Maimunah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (11 persetujuan unggah dan ba bimbingan maimunah)
11 persetujuan unggah dan ba bimbingan maimunah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di TK Negeri Pembina Kecamatan Gondangwetan dan TK Dharma Wanita Persatuan VI Keboncandi. Metode kualitatif dengan studi multisitus digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua TK menerapkan langkah-langkah manajemen strategis secara sistematis, dimulai dari perencanaan yang mencakup identifikasi kebutuhan guru melalui observasi dan evaluasi, penetapan tujuan supervisi, hingga pengembangan rencana supervisi dengan metode dan instrumen yang tepat. Dalam tahap pelaksanaan, kepala sekolah melakukan pendampingan, observasi kelas sesuai jadwal, serta memberikan umpan balik secara konstruktif. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui pemantauan kinerja, coaching, dan refleksi hasil supervisi. Evaluasi strategi ini terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran, keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta rasa percaya diri guru dalam mengajar. Secara keseluruhan, strategi supervisi akademik yang diterapkan mampu mendorong peningkatan kompetensi pedagogik guru TK dan berdampak positif terhadap hasil belajar anak didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: MAIMUNAH ,
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:11
Last Modified: 06 Aug 2025 03:11
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item