Maimunah, Maimunah (2025) MANAJEMEN STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Multisitus di TK Negeri Pembina Kecamatan Gondangwetan dan TK Dharma wanita persatuan VI Keboncandi Kabupaten Pasuruan). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 cover maimunah)
01 cover maimunah.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
![]() |
Text (07 Daftar Pustaka)
07 Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text (08 Lampiran)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (09 Artikel Jurnal Tesis)
09 Artikel Jurnal Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
![]() |
Text (10 Cek plagiasi Maimunah)
10 Cek plagiasi Maimunah.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
![]() |
Text (11 persetujuan unggah dan ba bimbingan maimunah)
11 persetujuan unggah dan ba bimbingan maimunah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di TK Negeri Pembina Kecamatan Gondangwetan dan TK Dharma Wanita Persatuan VI Keboncandi. Metode kualitatif dengan studi multisitus digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua TK menerapkan langkah-langkah manajemen strategis secara sistematis, dimulai dari perencanaan yang mencakup identifikasi kebutuhan guru melalui observasi dan evaluasi, penetapan tujuan supervisi, hingga pengembangan rencana supervisi dengan metode dan instrumen yang tepat. Dalam tahap pelaksanaan, kepala sekolah melakukan pendampingan, observasi kelas sesuai jadwal, serta memberikan umpan balik secara konstruktif. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui pemantauan kinerja, coaching, dan refleksi hasil supervisi. Evaluasi strategi ini terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran, keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta rasa percaya diri guru dalam mengajar. Secara keseluruhan, strategi supervisi akademik yang diterapkan mampu mendorong peningkatan kompetensi pedagogik guru TK dan berdampak positif terhadap hasil belajar anak didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | MAIMUNAH , |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:11 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:11 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |