HANDAYANI, TUTIK (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN MOJOSULUR 1 DAN SDN BELAHANTENGAH KAB.MOJOKERTO. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
![]() |
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
![]() |
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (JURNAL ARTIKEL TUTIK HANDAYANI)
9. JURNAL TUTIK HANDAYANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
![]() |
Text (HASIL PLAGIASI TUTIK HANDAYANI)
10. HASIL PLAGIASI TUTIK_HANDAYANI_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
Abstract
Masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu Manajemen pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ipas kelas IV Sdn Mojosulur 1 dan Sdn Belahantengah Kab.Mojokerto.Rendahnya hasil belajar IPS.Rendahnya hasil belajar IPS yang dicapai oleh murid pada tahun ajaran sebelumnya ( tidak tercapai standar KKM) dan mengingat begitu pentingnya pelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari melatar belakangi penulis mengadakan penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ips dengan menggunakan pendekatan CTL ( Contextual Teaching And Learning ) murid kelas IV SD Negeri Mojosulur 1 pada semester genap 2025/2026,dengan jumlah murid 61yang terdiri dari 24 laki-laki dan 33 perempuan.Rancangan tindakan ini meliputi persiapan,pelaksanaan,observasi dan refleksi.Prosedur pelaksanaan penelitian direncanakan dua pertemuan.Pertemuan I dan pertemuan II masing-masing dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi,tes dan dokumentasi.Data dianalisis secara kualitatif.Dengan penerapan komponen pendekatan CTL yang terdiri atas: konstruktivisme,bertanya,masyarakat belajar,permodelan,dan refleksi maka proses belajar lebih menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar IPS murid.Pada pertemuan I berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 62,78.Pada pertemuan ke II nilai rata-rata menjadi 84,33 dan berada pada kategori tinggi.Hal ini bearti peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan Pendekatan CTL telah dilaksanakan dengan baik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN Neegeri Mojosulur I dan Belahantengah Kabupaten Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL, Ilmu Pengetahuan Sosial,Peningkatan BelajaR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | TUTIK HANDAYANI |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:56 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |