LINIERITAS PENDIDIK DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS (Studi Multi Kasus di SMKN 1 Grati dan SMK Darul Ulum Rebalas)

Jam'an, Muhammad (2025) LINIERITAS PENDIDIK DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS (Studi Multi Kasus di SMKN 1 Grati dan SMK Darul Ulum Rebalas). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. Cover)
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02. Bab 1)
02. Bab 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text (03. Bab 2)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text (04. Bab 3)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text (05. Bab 4)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (06. Bab 5)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text (07. Daftar Pustaka)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text (08. Lampiran)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (09. Jurnal M. Jam'an)
09. Jurnal M. Jam'an.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text (10. Cek Plagiasi)
10. Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (11. Lembar Persetujuan)
11. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan perencanaan pendidikan di sekolah kejuruan sangat dipengaruhi oleh linieritas antara latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu. Ketidaksesuaian tersebut, yang dikenal sebagai ketidaklinieran, menjadi tantangan signifikan dalam menjamin mutu pendidikan, terutama dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pengajaran, hingga evaluasi hasil belajar siswa. Fenomena ini terjadi karena berbagai faktor seperti ketimpangan distribusi guru, kekurangan tenaga pendidik di bidang tertentu, serta keterbatasan anggaran, khususnya di sekolah swasta kecil atau di wilayah pedesaan. SMKN 1 Grati dan SMKS Darul Ulum Rebalas merupakan dua sekolah yang secara nyata menghadapi persoalan ini dalam proses pembelajaran harian mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, analisis SWOT dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang diterapkan oleh kedua sekolah dalam mengelola guru non-linier agar tetap dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa manajemen pembelajaran guru non-linier di SMKN 1 Grati dan SMKS Darul Ulum Rebalas dilaksanakan melalui pendekatan adaptif dan kolaboratif. Strategi yang dilakukan mencakup: (1) pemetaan kompetensi guru, (2) pendampingan dan kolaborasi, (3) pelatihan berkelanjutan, (4) pengembangan perangkat ajar kontekstual, (5) koordinasi eksternal dengan Dinas/Yayasan, (6) supervisi dan evaluasi terstruktur, (7) penguatan budaya kolaboratif sekolah, serta (8) penguatan relasi guru dan siswa. Strategi-strategi ini menjadi bukti bahwa dengan pendekatan manajerial yang tepat, tantangan ketidaklinieran dapat diatasi tanpa mengorbankan mutu pendidikan. Lebih dari sekadar solusi teknis, strategi yang diterapkan di kedua sekolah mencerminkan model manajemen pendidikan yang responsif dan berbasis realitas lapangan. Pendekatan yang mengedepankan pelatihan, kolaborasi, dan penguatan hubungan antar pemangku kepentingan ini juga mampu meningkatkan motivasi guru non-linier serta mendorong terciptanya iklim pembelajaran yang inklusif dan bermakna. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menyusun arah kebijakan distribusi guru dan pengembangan profesionalisme pendidik di satuan pendidikan kejuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: linieritas pendidik, perencanaan pendidikan, kualitas pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Muhammad Jam'an
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:45
Last Modified: 05 Aug 2025 03:45
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item