PUJIWATI, YENI (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS MEDIA GAWAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
![]() |
Text (10 CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran literasi berbasis media gawai dalam meningkatkan kemampuan interaksi siswa di SMKN 1 Duduksampeyan. Pemanfaatan media gawai dalam pembelajaran literasi di SMKN 1 Duduksampeyan menunjukkan dampak positif terhadap keterlibatan siswa. Penerapan teknologi digital, seperti penggunaan smartphone, mendorong siswa lebih aktif dalam mengakses sumber belajar, menyelesaikan tugas, serta berkolaborasi dengan teman. Antusiasme siswa meningkat seiring dengan kemudahan mengakses materi melalui berbagai aplikasi pendukung pembelajaran. Dukungan sekolah dan orang tua turut mendorong optimalisasi penggunaan gawai, meskipun sebagian besar siswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Fasilitas seperti laboratorium komputer, jaringan internet, serta aplikasi E-Skandusa Library memperkuat proses pembelajaran literasi digital. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan aktif dalam proses belajar, termasuk berkolaborasi, membuat presentasi, dan menyelesaikan tugas melalui aplikasi di smartphone.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, siswa dan orang tua siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran literasi berbasis media gawai di SMKN 1 Duduksampeyan menunjukkan adanya dampak positif terhadap proses pembelajaran. Penggunaan gawai seperti e-book, grup diskusi WhatsApp, dan aplikasi perpustakaan digital terbukti mampu meningkatkan interaksi, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan literasi. Guru dan siswa mulai terbiasa dengan integrasi teknologi dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan akses internet, perangkat siswa yang tidak merata, serta gangguan visual akibat penggunaan layar dalam waktu lama. Namun, pihak sekolah telah merespons secara solutif dengan memperkuat infrastruktur jaringan, menyediakan laboratorium komputer, serta memfasilitasi peminjaman perangkat gawai bagi siswa yang membutuhkan. Kemampuan interaktif siswa di SMKN 1 Duduksampeyan dalam pemanfaatan media gawai untuk pembelajaran literasi tergolong baik. Secara kognitif, mereka mampu mengakses dan menggunakan berbagai sumber digital seperti e-book, video pembelajaran, serta aplikasi presentasi secara optimal. Dalam aspek sosial, siswa mampu bekerja sama dalam kelompok serta berkomunikasi dengan sopan dan bertanggung jawab, sehingga mendukung pembelajaran yang kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pembelajaran, literasi digital, media gawai, interaksi siswa, SMK. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | YENI PUJIWATI |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:10 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |