Maretta, Retno Putri (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Multi Kasus di SDN Gambirkuning dan SMPN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
01 cover.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (JURNAL)
09 Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
![]() |
Text (CEK PLAGIASI)
10 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui studi multi kasus di SDN Gambirkuning dan SMPN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Kompetensi pedagogik guru merupakan faktor utama dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna, sehingga peningkatan kompetensi ini menjadi salah satu prioritas pengembangan sumber daya manusia di lingkungan sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran strategis dalam merencanakan, melaksanakan, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program peningkatan kompetensi pedagogik guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta tenaga kependidikan di kedua sekolah. Penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dalam tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, SDN Gambirkuning menerapkan pendekatan informal dan kekeluargaan, sedangkan SMPN 1 Kejayan menggunakan pendekatan sistematis berbasis data evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan strategi di SDN Gambirkuning lebih mengedepankan komunitas belajar guru secara kolaboratif dan diskusi informal, sementara di SMPN 1 Kejayan dilaksanakan melalui pelatihan terstruktur, workshop, supervisi akademik, serta pemanfaatan teknologi pembelajaran. Monitoring dan evaluasi dilakukan secara rutin di kedua sekolah dengan pendekatan yang berbeda; SDN Gambirkuning cenderung menggunakan refleksi informal, sedangkan SMPN 1 Kejayan melaksanakan monitoring formal melalui dokumen evaluasi dan laporan kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan pedagogik, serta kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka dan perkembangan teknologi digital. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu, sarana, serta resistensi sebagian guru, strategi yang diimplementasikan terbukti relevan dan efektif dalam menjawab kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik guru di kedua sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Retno Putri Maretta |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 04:13 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |