Yani, Sri (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN PANDITAN II DAN SDN PANDITAN I KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01. COVER SRI YANI (1).pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB I)
02. BAB I (1)-1-33 (1)-1-12.pdf Download (281kB) |
|
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text (BAB V)
06. BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI SRI YANI.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Lembar Persetujuan Unggah.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran umum pelaksanaan pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Panditan II dan SDN Panditan I, langkah yang diambil oleh kepala sekolah dan guru dalam implementasi pendidikan karakter di SDN Panditan II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach), dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengumpulkan data secara langsung. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dokumentasi, tes dan subjek penelitian yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru mapel, dan beberapa siswa siswi SDN Panditan II dan SDN Panditan I. Data yang diperlukan sudah terkumpul, maka data tersebut di analisis dengan langkah-langkah reduksi kemudian ditafsirkan secara kualitatif dan ditarik kesimpulan dengan jalan deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada pihak sekolah, bahwa implementasi pendidikan karakter di SDN Panditan II masih kurang, terlihat dari perilaku peserta didik yang masih cenderung nakal atau kurang disiplin karena faktor lingkungan keluarga atau masyarakat tempat tinggal. kemudian untuk mencapai pendidikan karakter yang seutuhnya, pihak sekolah wajib menjalin kerja sama yang baik dengan wali murid, melakukan kontak langsung dengan wali murid apabila terjadi sesuatu disekolah, dan mencari solusi antara pihak sekolah dan pihak wali murid untuk membuat kesepakatan yang baik agar terciptanya pertumbuhan karakter baik di lingkungan keluarga dan sekolah. Simpulan yang diperoleh peneliti berdasarkan hasil perhitungan statistik uji perbedaan dua rata – rata, dengan taraf signifikan 5 % dan dk 40 dari daftar distribusi t didapat t(hitung) = 3,90 dan t(tabel) = 2,02, dengan kriteria pengujian hipotesis t(hitung) > t(tabel) dimana t(3,90) >t(2,02) maka dapat dikatakan ada perbedaan karakter setelah adanya implementasi pendidikan karakter pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa hipotetis nol (H0) ditolak dan hipotetis alternative (H1) diterima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Implementasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | YANI SR SRI YANI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3161 |
Actions (login required)
View Item |