Ningtyas, Renyta Yuniarti (2024) INOVASI MANAJEMEN KELAS INKLUSI UNTUK MEMANTIK MOTIVASI BELAJAR SISWA DI UPT LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KABUPATEN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
ilovepdf_merged (5).pdf Download (912kB) |
|
Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIAT TESIS RENYTA CEK.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
11. Persetujuan Unggah Karil (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus didefinisiskan sebagai anak yang membutuhkan pendidikan serta layanan khusus untuk mengembangkan potensi kemanusiaan mereka secara sempurna. Berbeda dengan anak pada umunya tanpa selalau menunjukan pada ketidak mampuan mental, emosi dan fisik. Pada kategori anak berkebutuhan khusus antara lain tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan perilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan.Pendidikan inklusi dimaksudkan sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus dengan belajar bersama materi yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. Pada Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara.Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan manajemen kelas inklusi di UPT Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Kabupaten Gresik.Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi Manajemen kelas UPT Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Kabupaten Gresik.Untuk mendeskripsikan inovasi manajemen kelas di UPT Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Kabupaten Gresik.Manajemen pendidikan inklusi pada UPT Layanan Anak Berkebutuhan Khusus sudah baik, yaitu adanya kerjasama antara terapis dengan orang tua, terapis dengan peserta didik. UPT Layanan Anak Berkebutuhan Khusus terdapat sistem monitoring kepada anak berkebutuhan khusus setiap harinya dengan terapis pembimbing khusus.Faktor yang mempengaruhi Manajemen kelas inklusi diantaranya yaitu : 1) Terapis, 2) Sarana dan Prasarana, 3) Peserta didik / Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), 4) Orang Tua.Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dijadikan sebagai salah satu gambaran tentang pengelolaan lembaga pendidikan, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran maupun stretegi yang dapat diadopsi pada pelaksanaan pendidikan inklusi disetiap jenjang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas Inklusi, Pendidikan Inklusi,Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | RENYTA YUNIARTI NINGTYAS |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:54 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3159 |
Actions (login required)
View Item |