Malikhah, Malikhah (2024) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI SPIRITUAL (STUDI MULTISITUS DI SMPN 1 TUTUR DAN SMPN 3 TUTUR SATU ATAP KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
1._Cover_tesis.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB I)
2 BAB_1_Tesis_Malikhah .pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB II)
3 BAB_2_Tesis_Malikhah .pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text (BAB III)
4 BAB_3_Tesis_Malikhah .pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text (BAB IV)
5 BAB_4_Tesis_Malikha .pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB 5 Simpulan-Tesis malikha -.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka Malikha.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
CEK PLAGIASI MALIKHAH.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
11. Lembar persetujuan unggah Malikhah.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi implementasi dan dampak strategi pendidikan karakter berbasis literasi spiritual di SMPN 1 dan SMPN 3 Tutur satu Atap Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi strategi ini mempengaruhi perkembangan karakter siswa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi multisitus yang memungkinkan analisis mendalam terhadap dua sekolah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPN 1 dan SMPN 3 Tutur satu Atap Kabupaten Pasuruan telah menerapkan pendidikan karakter berbasis literasi spiritual dengan komitmen yang kuat. Implementasi ini berhasil merancang program yang sistematis untuk mengembangkan sikap, nilai, dan perilaku positif sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional Indonesia. Literasi spiritual menjadi aspek penting dalam proses ini, memberikan landasan dalam memahami nilai-nilai moral, etika, dan hubungan spiritual. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya variasi bahan ajar dan penggunaan metode konvensional masih menjadi hambatan. Langkah konkret seperti pengayaan bahan ajar dengan nilai-nilai praktis serta pelatihan guru terfokus menjadi krusial untuk meningkatkan efektivitas pendidikan karakter berbasis literasi spiritual. Faktor pendukung utama di SMPN 1 adalah komitmen kuat kepemimpinan sekolah dan keterlibatan aktif guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual. Di SMPN 3 Tutur satu Atap , dukungan dari kepemimpinan sekolah dan infrastruktur yang mendukung juga berperan penting meskipun menghadapi tantangan budaya dan organisasi serta keterbatasan finansial. Saran yang diusulkan untuk meningkatkan efektivitas program ini termasuk pengembangan bahan ajar yang inovatif, manajemen waktu yang terintegrasi, dukungan finansial yang memadai, dan peningkatan kolaborasi dengan keluarga serta masyarakat lokal. Dengan menerapkan saran-saran ini, diharapkan SMPN 1 dan SMPN 3 Tutur satu Atap Kabupaten Pasuruan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih kondusif serta membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki karakter moral dan spiritual yang kokoh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, literasi spiritual, implementasi strategi, multisitus, SMPN 1, SMPN 3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Malikhah Malikhah Malikhah |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 00:48 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 00:48 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3156 |
Actions (login required)
View Item |