PELAKSANAAN MANAJEMEN MERDEKA BELAJAR DALAM CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU SIROJUDDIN II DAN PAUD TERPADU MIFTAHUL IBAD KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN

INAAYATIE, MURTAQIYAH (2024) PELAKSANAAN MANAJEMEN MERDEKA BELAJAR DALAM CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU SIROJUDDIN II DAN PAUD TERPADU MIFTAHUL IBAD KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. Cover.pdf

Download (513kB)
[img] Text (02. BAB 1)
02 Bab I.pdf

Download (184kB)
[img] Text (03. BAB 2)
03 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (04. BAB 3)
04. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text (05. BAB 4)
05. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text (06. BAB 5)
06. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (10. CEK PLAGIASI)
10. Cek Plagiasi Murtaqiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH)
11. Lembar Persetujuan Unggah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Para ahli mengakui bahwa bermain merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Dalam bermain terdapat beberapa aspek perkembangan yang dapat ditingkatkan, diantaranya adalah aspek kognitif, emosi, sosial dan perkembangan fisik, jadi secara umum aspek-aspek ini terstimulasi lewat kegiatan bermain. Mengingat anak usia dini akan lebih senang belajar dengan konsep bermain mulai dari pemahaman yang kemudian dieksplorasikan ke lingkungan. Dalam hal ini selaras dan seirama dengan metode Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini memfokuskan pada Pelaksanaan Manajemen merdeka belajar dalam Contextual Teaching and Learning pada Anak Usia Dini, sehingga guru dapat membuat Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran dengan metode Contextual Teaching and Learning sehingga guru mampu memfasilitasi kebutuhan belajar anak yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara yang mendalam, observasi dan studi dokumenter. Aktifitas dalam analisis data yaitu: data reduction data display conclusion drawing/verification. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa kriteria untuk memeriksa keabsahan data, yaitu: observasi, melakukan triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Manajemen Merdeka Belajar dalam Contextual Teaching and Learning Pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Sirojuddin II dan PAUD Terpadu Miftahul Ibad Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, dipandang sangat perlu untuk diterapkan. Pelaksanaan Manajemen Merdeka Belajar dalam Contextual Teaching and Learning dapat dilakukan sebagai suatu upaya untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengkoordinasikan dan mengontrol sumber daya dalam hal ini, guru dalam melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak dalam menemukan materi yang dipelajarinya dan dihubungkan dalam kehidupan nyata, sehingga anak didorong untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka, dengan cara yang berbeda-beda untuk tiap individu anak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Merdeka Belajar, Contextual Teaching and Learning, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Murtaqiyah Inaayatie Inaayatie
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:36
Last Modified: 24 Jul 2024 02:36
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item