PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR), SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM

zulfikar, prayogi (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR), SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
COVER SKRIPSI YOGI (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text (02 BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text (03 BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text (04 BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text (05 BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (06 BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (08 PLAGIASI)
PLAGIASI SKRIPSI_YOGI_BARU_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (09 Lembar Persetujuan)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), solvabilitas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Desain/ Metodologi/ Pendekatan: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deksritpif. Penelitian ini menggambarkan pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), solvabilitas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Sampel penelitian terdiri dari 24 perusahaan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR, solvabilitas, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, sementara ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Temuan ini mengindikasikan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan, kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya (solvabilitas), serta kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan (profitabilitas) adalah faktor-faktor kunci yang mempengaruhi persepsi investor dan nilai pasar saham perusahaan manufaktur di sektor makanan dan minuman. Sebaliknya, ukuran perusahaan, yang sering diukur berdasarkan total aset, tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham, menandakan bahwa investor lebih fokus pada aspek keberlanjutan dan kinerja keuangan perusahaan daripada skala operasionalnya. Implikasi Praktis: Implikasi praktis dari hasil penelitian ini dapat membantu perusahaan manufaktur di sektor makanan dan minuman yang ingin meningkatkan harga fokus pada peningkatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), solvabilitas, dan profitabilitas. Perusahaan perlu mengembangkan dan menerapkan program CSR yang efektif dan berkelanjutan, yang dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan investor. Selain itu, menjaga solvabilitas yang sehat, yaitu kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka panjang, sangat penting untuk menarik dan mempertahankan minat investor. Profitabilitas yang tinggi juga harus menjadi prioritas, karena ini menunjukkan efisiensi operasional dan potensi pertumbuhan perusahaan. Manajemen harus fokus pada strategi yang meningkatkan margin keuntungan dan pengelolaan biaya yang efektif. Dengan memahami dan menerapkan temuan ini, perusahaan dapat mengarahkan sumber daya dan upaya mereka pada aspek-aspek yang paling berpengaruh terhadap persepsi dan keputusan investasi pasar, sehingga dapat meningkatkan nilai pasar saham perusahaan. Orisinalitas/ Nilai: sepanjang hasil observasi peneliti hingga saat ini belum ada penelitian yang memiliki fokus spesifik terhadap pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), solvabilitas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: PRAYOGI ZULFIKAR ZULFIKAR
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:17
Last Modified: 18 Jul 2024 06:17
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item