SA'ADAH, NILTIS (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSI MABARROT MWC NU BUNGAH. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER.PDF)
01 COVER.pdf Download (601kB) |
|
Text (02 BAB 1.PDF)
02 BAB 1.pdf Download (95kB) |
|
Text (03 BAB 2.PDF)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text (04 BAB 3.PDF)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text (05 BAB 4.PDF)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text (06 BAB 5.PDF)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text (07 BAB 6.PDF)
07 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text (08 DAFTAR PUSTAKA.PDF)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
Text (09 LAMPIRAN.PDF)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (10 JURNAL SKRIPSI NILTIS SA'ADAH.PDF)
10 JURNAL SKRIPSI NILTIS SA'ADAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text (11 PLAGIASI SKRIPSI.PDF)
11 PLAGIASI SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (12 LEMBAR PERSETUJUAN.PDF)
12 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSI MABARROT MWC NU BUNGAH Oleh: Niltis Sa’adah Pelayanan keperawatan mempuyai posisi yang strategis dalam menentukan mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit karena jumlah perawat adalah yang terbanyak dan yang paling banyak kontak dengan pasien. Pasien mengharapkan pelayanan yang siap, cepat, tanggap pada keluhan pasien, dan yang paling utama mampu berkomunikasi secara efektif. Komunikasi terapeutik menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSI Mabarrot MWC NU Bungah. Desain penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS di ruang rawat inap dewasa dan bersalin RSI Mabarrot MWC NU Bungah sebesar 53 pasien dengan besar sampel 47 responden. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive sampling. Variabel independent adalah komunikasi terapeutik, variabel dependen adalah kepuasan pasien. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistic Chi-Square dengan α=0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (98%) komunikasi terapeutik perawat baik dan hampir seluruhnya (83%) kepuasan pasien tinggi. Hasil uji statistik Chi-square didapatkan hasil ρ=0,026 < α (0,05) maka H0 ditolak, artinya ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSI Mabarrot MWC NU Bungah. Komunikasi terapeutik harus selalu dipertahankan perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan pada pasien, fasilitas pelatihan komunikasi terapeutik juga harus dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien BPJS |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | NILTIS SA'ADAH |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 06:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 06:45 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2187 |
Actions (login required)
View Item |