Hariadi, Prihantono, (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DI SD NEGERI KEJAPANAN I KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
01 COVER HARIADI.pdf Download (807kB) |
|
Text (02 BAB 2)
02 BAB I HARIADI.pdf Download (113kB) |
|
Text (03 BAB 2)
03 BAB II HARIADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (04 BAB 3)
04 BAB III HARIADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (05 BAB 4)
05 BAB IV HARIADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (06 BAB 5)
06 BAB V PENUTUP HARIADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA HARIADI.pdf Download (239kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08 Lampiran HARIADI.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (09 JURNAL)
09 Jurnal Tesis Hariadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Kepala sekolah memiliki peran sebagai supervisor dan motivator sehingga tenaga pendidik khususnya guru dapat terpantau dan terawasi dalam memberikan pelayanan pembelajaran yang berlangsung agar lebih baik untuk menghasilkan output yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada kasus yang terdapat di SDN Kejapanan I Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditemukan beberapa hal: pertama, peran kepala sekolah dalam melakukan supervisi dengan cara merencanakan jadwal supervisi, menyiapkan instrumen supervisi, menginformasikan kepada guru/PTK sasaran supervisi, melaksanakan supervisi, dan menyimpulkan hasil supervisi. Peran kedua sebagai motivator dengan cara pemberian pemenuhan kebutuhan yang bersifat intern dan ekstern. Kedua, motivasi kerja guru dapat didorong dengan adanya fasilitas penunjang kebutuhan guru, guru merupakan panggilan jiwa dan mengamalkan ilmunya. Ketiga, Peran kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru di SDN Kejapanan I dengan cara Menanamkan nilai-nilai spritual dan akhlakul karimah, memberikan keteladanan dan pemberian tugas sesuai dengan fungsinya sebagai PTK, pemberian kompensasi yang sesuai, serta pemberian reword kepada guru. Dari data yang ditemukan penulis menyarankan terkait dengan peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja di SDN Kejapanan I Pasuruan yaitu: pertama, Kepala Sekolah adalah sebagai supervisor, Supervisi yang digunakan di SDN Kejapanan I menggunakan supervisi edukatif. Peran kedua sebagai motivator dengan menggunakan tiga fungsi yaitu fungsi pendorong, fungsi pengarah dan fungsi penggerak. Kedua, untuk meningkatkan motivasi kerja guru dengan memberikan Kebutuhan Fisiologikal, Kebutuhan Keselamatan, Kebutuhan Berkelompok, Kebutuhan Penghargaan, dan Kebutuhan Aktualisasi Diri. Ketiga, Supervisi dan motivasi dalam meningkatkan motivasi guru dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pertama, pendekatan humanistic, kedua pendekatan Profesional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Supervisi edukatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Hariadi Prihantono |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:04 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2171 |
Actions (login required)
View Item |