Retnaningsih, Endah (2023) SISTEM PENDEKATAN PENGELOLAAN KURIKULUM DALAM MENCIPTAKAN MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA TRATEE PUTERA GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01. Cover Endah Upload.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
02. BAB I Endah Upload.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB II)
03. BAB II Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text (BAB III)
04. BAB III Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text (BAB IV)
05. BAB IV Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
|
Text (BAB V)
06. BAB V Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text (BAB VI)
07. BAB VI Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA Endah Upload.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN Endah Upload.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text (JURNAL)
10. Jurnal Artikel Endah Upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
11. Cek Plagiasi Endah Upload.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. LEMBAR PERSETUJUAN Endah Upload.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan.Kurikulum tidak bisa berdiri dan berjalan sendiri, melainkan harus direncanakan, dilaksanakan, dikontrol dan dievaluasi. Disinilah pentingnya pendekatan pengelolaan kurikulum secara baik sehingga menciptakan madrasah yang unggul dan melahirkan output yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis lebih mendalam: (1) perencanaan kurikulum (2) pengorganisasian kurikulum, (3) implementasi kurikulum, dan (4) evaluasi kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Tratee Putera Gresik. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui kredibilitas. Hasil penelitian: 1) Perencanaan kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik sangat baik. Perencanaan dilakukan pada: (1) Landasan perencanaan kurikulum, (2) Tujuan kurikulum, (3) Organisasi Isi, (4) Organisai peserta didik, (5) Metode, dan (6) Evaluasi; 2) Pengorganisasian kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik adalah sangat baik. Pengorganisasian kurikulum dilakukan: (1) pembagian tugas mengajar, (2) penyusunan kalender akademik, (3) pembagian tugas guru, (4) penyusunan jadwal pelajaran, (5) penyusunan jadwal perbaikan dan pengayaan, (6) penyusunan jadwal ekstrakurikuler, dan (7) penyusunan jadwal penyegaran guru; 3) Pelaksanaan kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik berlangsung sangat baik. Pelaksanaan kurikulum dilakukan pada tingkat sekolah dengan melibatkan pihak internal dan eksternal madrasah dan di tingkat kelas berpedoman pada standar kurikulum nasional dan kurikulum khas MINU Tratee Putera dan dilaksanakan sesuai program dan kebutuhan kelas (ICP, Tahfidz, dan Unggulan); 4) Evaluasi kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik dilakukan dengan sangat baik. Evaluasi kurikulum pada: (1) hasil belajar siswa, (2) proses pembelajaran, (3) tenaga pengajar/guru, (4) rancangan kurikulum, (5) pelaksanaan kurikulum, (6) kemampuan siswa, (7) kemajuan siswa, (8) sarana prasarana, dan (9) sumber dan media belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, kurikulum, madrasah, unggul |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Endah Retnaningsih |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:35 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:35 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1863 |
Actions (login required)
View Item |