Strategi Implementasi Diferensiasi Kegiatan Dalam Menumbuhkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus Pada UPT SD Negeri 1 Gresik)

Widyana, Aminnatul (2023) Strategi Implementasi Diferensiasi Kegiatan Dalam Menumbuhkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus Pada UPT SD Negeri 1 Gresik). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text (BAB 1)
02 BAB 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (JURNAL)
10 JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
11 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh operasionalisasi Kurikulum Merdeka yang merupakan tugas sekolah dan otonomi bagi guru. Kurikulum ini disesuaikan dengan karakteristik murid dan kondisi sekolah. Harus ada diferensiasi kegiatan yang dilakukan sekolah-sekolah demi mewujudkannya. Diferensiasi tersebut bisa diimplementasikan melalui beragam kegiatan di sekolah. Baik itu melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun kegiatan kokurikuler. Tujuan penelitian tesis ini adalah: (1) Mengetahui strategi implementasi diferensiasi kegiatan dalam menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila di UPT SD Negeri 1 Gresik; (2) Mengetahui faktor yang memengaruhi implementasi diferensiasi kegiatan dalam menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila di UPT SD Negeri 1 Gresik, (3) Mengetahui implikasi implementasi diferensiasi kegiatan dalam menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila di UPT SD Negeri 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi implementasi diferensiasi kegiatan dalam menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila di UPT SD Negeri 1 Gresik terlaksana dalam 3 jenis kegiatan, yaitu kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; (2) Ada dua faktor yang memengaruhi implementasi diferensiasi kegiatan dalam menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila di UPT SD Negeri 1 Gresik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Seluruh dimensi yang dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui diferensiasi kegiatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Implementasi, Diferensiasi Kegiatan, Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Aminnatul Widyana
Date Deposited: 12 Jul 2023 15:39
Last Modified: 12 Jul 2023 15:39
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item