PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN NUMERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Syamsiyah, Sulis (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN NUMERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 Bab 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (483kB)
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
09 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian sulis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Kemampuan Numerasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pola quasi exsperimen karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab akibat serta berapa besar pengaruh sebab akibat tersebut dengan cara memberikan beberapa perlakuan (treatment) tertentu pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) dan kemampuan numerasi terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diterapkan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) dan kemampuan numerasi cukup memuaskan bila dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) dan kemampuan numerasi. Berdasarkan temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dikemukakan saran-saran sebagai berikut: 1)Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sama, disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempersiapkan sajian materi lain dan dapat mengoptimalkan waktu guna meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. 2)Bagi Guru diharapkan dapat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka guru dapat melakukan dengan cara menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dan media-media pembe;ajaran sesuai dengan kondisi kelas. 3)Siswa diharapkan untuk meningkatkan kemampuan numerasinya agar prestasi belajar matematika dapat optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memperbanyak koleksi soal-soal dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks dan bervariasi. Perhatikan dengan baik pada saat guru sedang mengajar. Tentukan cara belajar yang baik dan efisien, dan hendaknya siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar agar proses belajar dapat berjalan dari dua arah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan numerasi, prestasi belajar, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: ikrima rahmatika layyina
Date Deposited: 05 May 2023 07:02
Last Modified: 05 May 2023 07:02
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item