PENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK ISLAM AL MUCHLISIN GRESIK

Viranda, Vidia Rahma (2022) PENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK ISLAM AL MUCHLISIN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 Cover & Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img] Text
02 Bab I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
03 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
04 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
05 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
09 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Vidia Rahma Viranda_2018060003).pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

Upaya perubahanperilaku seseorang setelah memperoleh pendidikan bertujuan membawa kualitas pendidikan menjadi lebih baik.Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan belajar adalah keterampilan guru berupa pemberian penguatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penguatan verbal dan non verbal terhadap hasil belajar siswa di TK Islam Al Muchlisin Gresik. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguatan verbal dan non verbal terhadap hasil belajar siswa di TK Islam Al Muchlisin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 53 siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin Gresik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji analisis linier berganda, menunjukkan bahwa: (1) Penguatan verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,052 > 2,009(t tabel) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai sumbangan efektif 25,5 %. (2) Penguatan non verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai t hitung 3,221> 2,009 (t tabel) dengan nilai signifikansi0,002< 0,05 dan nilai sumbangan efektif sebesar 13,5 %. (3) Penguatan verbal dan non verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai F hitung 10,190 > 3,172 (F tabel) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai R Koefisien Determinasi sebesar 39%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Verbal, Penguatan Non Verbal, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:28
Last Modified: 16 Nov 2022 04:28
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item