SUPERVISI KELAS, MOTIVASI, KEJUJURAN DAN KETERBUKAAN SEBAGAI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Heriyanto, Arief (2021) SUPERVISI KELAS, MOTIVASI, KEJUJURAN DAN KETERBUKAAN SEBAGAI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
07 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
08 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
10 PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Arief Heriyanto_190100052).pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Supervisi kelas merupakan suatu agenda wajib yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengamati dan menganalisa proses belajar mengajar di kelas. Kepala sekolah harus melakukan supervisi karena salah satu tugasnya adalah sebagai supervisor guru. Supervisi kelas mengacu kepada misi utama pembelajaran, yaitu kegiatan yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan prestasi akademik. Dengan kata lain, supervisi kelas adalah kegiatan yang berurusan dengan perbaikan dan peningkatan proses dan hasil pembelajaran di sekolah. Supervisi kelas merupakan strategi untuk dapat meningkatkan kompetensi seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar dan ketepatan dalam membuat perencanaan pembelajaran. Harapan dari supervisi kelas akan berdampak pada proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang supervisi kelas, sekolah, motivasi, kejujuran dan keterbukaan sebagai peningkatan profesionalisme guru pada SMPN 2 Parengan dan SMPN 1 Plumpang di Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana supervisi kelas di SMPN 2 Parengan dan SMPN 1 Plumpang di Kabupaten Tuban; (b) bagaimana cara kepala sekolah meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Parengan dan SMPN 1 Plumpang di Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana profesionalisme guru di SMPN 2 Parengan dan SMPN 1 Plumpang di Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent audito Temuan hasil penelitian ini yaitu (1) supervisi kelas dilaksanakan setiap awal semester oleh kepala sekolah dan beberapa guru senior yang mendapatkan tugas pendelegasian dari Kepala Sekolah dengan melaksanakan Langkah-langkah supervisi kelas meliputi: Tahap persiapan diantaranya mempersiapkan instrumen, memberitahukan kepada guru yang akan disupervisi termasuk waktu kunjungan kekas, mengadakan kesepakatan pelaksanaan supervise, Tahap Pelaksanaan diantaranya menempati tempa yang telah disepakati bersama, observasi harus berfokus pada aspek yang telah disepakati, membuat komentar yang sifatnya terpisah dengan hasil observasi, Tahapan Pertemuan Umpan Balik diantanya memberikan penguatan, mengajak guru menelaah tujuan pembelajaran, menanyalkan perasaan guru tentang jalannya pelajaran, secara bersama-sama menentukan rencana pembelajaran berikutnya, dan pemilihan penetapan pendekatan (2) cara kepala sekolah meningkatkan profesional guru melalui kegiatan supervisi kelas yang `hasil tindak lanjutnya adalah mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan ( PKB) diantaranya kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. guru menerima dan mendukung program kegiatan tersebut yang dibuktikan pelaksanaan supervise sesuai jadwal, kelengkapan administrasi mengajar guru meningkat. Guru lebih maksimal mempersiapkan materi pelajaran dan aktif dalam kegiatan worksop, pelatihan serta MGMP baik tingkat kecamatan atau kabupaten. (3) profesional guru di sekolah dibuktikan dengan dimilikinya sertifikat pendidik yang diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan sebagai guru professional maka guru telah menyiapkan administrasi pembelajaran (silabus RPP kalender pendidikan, Rencana pekan efektif, prota, promes, daftar hadir siswa, daftar nilain siswa jurnal mengajar guru dan persiapan mengajar dikelas (persiapan penguasaan kelas dan materi / bahan ajar dan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kelas, Sekolah, Motivasi, Kejujuran dan Keterbukaan, Profesionalisme Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:16
Last Modified: 13 Sep 2022 07:16
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item