Kaspiatun, Siti (2021) BUDAYA TANGGUNGJAWAB KETERBUKAAN DAN KERJASAMA YANG BAIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
07 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
08 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Siti Kaspiatun_190100051).pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
Abstract
Budaya sekolah dapat dikembangkan terus-menerus kearah yang lebih positif. aspek-aspek mengenai budaya utama yang direkomendasikan untuk dikembangkan sekolah yaitu budaya jujur, saling percaya, kerja sama, tanggungjawab, disiplin dan efisien dan berprestasi. Budaya tersebut jika diterapkan, akan memberikan dampak untuk peningkatan mutu sekolah. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengungkap lebih mendalam tentang budaya tanggungjawab keterbukaan dan kerjasama sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi pada MTs SA Miftahul Hikmah Parengan dan MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana budaya tanggungjawab keterbukaan dan kerjasama yang baik di MTs SA Miftahul Hikmah Parengan dan MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Kabupaten Tuban; (b) bagaimana cara Kepala Sekolah menciptakan budaya tanggungjawab keterbukaan di MTs SA Miftahul Hikmah Parengan dan MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana prestasi siswa di MTs SA Miftahul Hikmah Parengan dan MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Temuan hasil penelitian ini yaitu : 1) Sekolah melaksanakan budaya tanggungjawab, keterbukaan dan kerjasama yang baik terstruktur dalam kegiatan sehari hari dan terbentuk karakter (kepribadian siswa) yang baik maka akan menjadi sekolah unggul dalam prestasi dan berakhlak / berbudi pekerti terpuji sesuai dengan visi misi sekolah; 2) Cara Kepala Sekolah menciptakan budaya tanggungjawab, keterbukaan dan kerjasama melalui program kegiatan pengembangan diri secara terprogram (layanan konseling, kegiatan ekstrakurikuler yang masuk dalam kurikulum) dan kegiatan tidak terprogram yang dilakukan sehari hari, dengan mensosialisasikan program kegiatan pengembangan atau pembiasaan kepada semua warga sekolah ( guru, TU Staf dan siswa), ikut aktif dan berperan langsung dalam kegiatan pembiasaan, melaksanakan evaluasi, memberi umpan balik ataupun solusi dari setiap evaluasi hasil kegiatan yang didukung peran aktif semua dewan guru dalam mensukseskan program pengembangan diri siswa dalam pembiasaan yang dilaksanakan disekolah untuk menciptakan karakter budaya tanggungjawab, keterbukaan dan kerjasama sehingga menjadikannya sekolah yang unggul dalam prestasi dan berakhlak / berbudi pekerti yang baik; 3) Hasil belajar siswa setiap tahunnya meningkat, karena kedisiplinan siswa terbentuk melalui pembiasaan budaya tanggungjawab keterbukaan dan kerjasama yang menyebabkan kedisiplinan belajar juga ikut meningkat maka prestasi siswa akan meningkat diantaranya prestasi akademik dan non akademik diperoleh selama 4 tahun terakhir ini, nilai rata-rata raport meningkat, dan lulusan akan diterima di SMA favorit di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan, serta prestasi di bidang non akademik pun meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Tanggungjawab Keterbukaan dan Kerjasama Yang Baik, Prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:07 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/945 |
Actions (login required)
View Item |