SURI TELADAN, PENGAWASAN SISTEM YANG BAIK DAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN (STUDI MULTI DI SDN PALANGSARI I DAN SDN JANJANGWULUNG II) PUSPO PASURUAN

Mariyanto, Mariyanto (2021) SURI TELADAN, PENGAWASAN SISTEM YANG BAIK DAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN (STUDI MULTI DI SDN PALANGSARI I DAN SDN JANJANGWULUNG II) PUSPO PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
09 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Mariyanto_190100029).pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)

Abstract

Pentingnya peran seorang guru dalam mendidik peserta didik, oleh karena itu selain harus memiliki kompetensi dalam mengajar, guru juga dituntut harus memiliki suri teladan yang baik karena akan mempengaruhi pembentukan karakter dari peserta didik. Selain suri teladan guru, keberhasilan pendidikan juga tidak luput dari pengaruh pengawasan kepala sekolah karena merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh sekolah menuju tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru-guru di SDN Palangsari I dan SDN Janjangwulung II dapat dikatakan memiliki suri teladan yang baik karena dapat memberikan contoh keteladanan kepada siswa seperti disiplin, selalu rapi dalam berpakaian, jika melakukan kesalahan meminta maat, dapat mengontrol emosi, berwibawa, bijaksana, tutur katanya baik, jujur, dan tidak membeda-bedakan orang lain; (2) Kepala SDN Palangsari I dan SDN Janjangwulung II memiliki sistem pengawasan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari cara kepala SDN Palangsari I dan SDN Janjangwulung II dalam melakukan pengawasan terhadap guru dengan tidak mencari-cari kesalahan tetapi mengecek kesesuaian pekerjaan yang dilakukan oleh guru dengan aturan ataupun tujuan yang telah ditetapkan dan melakukan koreksi serta evaluasi terhadap kinerja guru dengan memberikan bimbingan, saran dan arahan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan; dan (3) SDN Palangsari I dan SDN Janjangwulung II dapat dikatakan berhasil dalam pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran, daya tangkap siswa dalam memahami materi cenderung merata, dan penanaman nilai karakter yang diajarkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui suri teladan guru,sistem pengawasan kepala sekolah dan keberhasilan pendidikan di SDN Palangsari I dan SDN Janjangwulung II. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: suri teladan, pengawasan kepala sekolah, keberhasilan pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:23
Last Modified: 13 Sep 2022 03:23
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item