MANAJEMEN INTEGRASI PERAN PESERTA DIDIK SEBAGAI GUGUS DEPAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 DALAM PROSES BLENDED LEARNING DI LINGKUNGAN SMA NEGERI TUBAN

Suwartono, Suwartono (2021) MANAJEMEN INTEGRASI PERAN PESERTA DIDIK SEBAGAI GUGUS DEPAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 DALAM PROSES BLENDED LEARNING DI LINGKUNGAN SMA NEGERI TUBAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2. bab 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
4. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
5. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
6. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
7. daftar pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
9. Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Suwartono_190100047).pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan penggabungan dari kata manajemen dan peserta didik. Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Perpaduaan antara pembelajaran konvensional dimana pendidik dan peserta didik bertemu langsung dan bertemu secara online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Model pembelajaran blended learning dilakukan dengan kehadiran pengajar dan dengan komunikasi elektronik. Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 dalam proses blended learning di lingkungan SMA Negeri Kabupaten Tuban, 2) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen integrasi peran peserta didik sebagai gugus depan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dalam proses Blended Learning di Lingkungan SMA Negeri Kabupaten Tuban, 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen integrasi peran peserta didik sebagai gugus depan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dalam proses Blended Learning di Lingkungan SMA Negeri Kabupaten Tuban, 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen integrasi peran peserta didik sebagai gugus depan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dalam proses Blended Learning di Lingkungan SMA Negeri Kabupaten Tuban. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang dengan teknik analisis deskriptif, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parengan. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa penerapan pembelajaran blended learning meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (1) Pada tahap perencanaan pada penerapan pembelajaran blended learning di SMA Negeri 1 Parengan berupa: menentukan aplikasi pembelajaran yang menggunakan whatsapp dan google form, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa dengan membuat grup whatsapp, menyiapkan RPP, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. (2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran blended learning di SMA Negeri 1 Parengan antara lain: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaaran. Kegiatan pendahuluan berupa salam, pembiasaan, dan pengisian absen melalui list nama yang dibuat guru. kegiatan inti berupa penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Kegiatadan penutup berisikan kesimpulan dan penugasan. (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran blended learning di SMA Negeri 1 Parengan yaitu: a. berisikan penilaian yang digunakan, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampulan. Penilaian pengetahuan dilihan dari hasil tugas soal, penilaian keterampilan dilihat dari video praktek yang dikirim pada pendidik. b. dampak positif dan dampak negative pembelajaran. dampak positif seperti guru belajar lebih dalam mengenai teknologi informatika. Dampak negatif seperti kurangnya paham siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Peserta didik, Covid-19, Blended Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:05
Last Modified: 13 Sep 2022 03:05
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item