SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Pada SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan)

Soedhewo, Decky (2021) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Pada SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan). Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
07 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
08 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10 PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Decky Soedhewo_190100032).pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Supervisi kepala sekolah bagian dari supervisi pendidikan yang berlangsung berada dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga ditunjukkan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Supervisi kepala sekolah adalah bantuan profesional kepada guru, melalui siklus perencanaan yang sistematis, pengamatan yang cermat dan umpan balik yang obyektif, sehingga cara itu guru dapat menggunakan balikan tersebut untuk memperbaiki kinerja mengajarnya. Program supervisi kepala sekolah berprinsip kepada proses pembinaan guru yang menyediakan motivasi yang kaya bagi pertumbuhan kemampuan profesionalnya dalam mengajar. Ia menjadi bagian yang integral dalam usaha penigkatan mutu sekolah dan mutu pembelajaran. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang supervisi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran pada SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana supervisi kepala sekolah di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan; (b) bagaimana cara kepala sekolah melakukan supervisi di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan; dan (c) bagaimana mutu pembelajaran di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian.Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa : (1) Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang disepakati. (2) Proses pembelajaran yang merupakan gambaran umum dari mutu pembelajaran dilaksanakan oleh guru menggunakan metode learning by doing. (3) Hasil evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah baik dan ada yang perlu diperbaiki kelengkapan administrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:49
Last Modified: 13 Sep 2022 01:49
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item