MANAJEMEN KELAS SECARA TRANSPARAN SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

Nyarlan, Nyarlan (2021) MANAJEMEN KELAS SECARA TRANSPARAN SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
07 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Nyarlan_190100048).pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)

Abstract

Manajemen kelas adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh seseorang guru secara sistematis untuk menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan pengelolaan kelas dalam pandangan adalah penyedian fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap apresiasi para siswa, sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang manajemen kelas secara transparan sebagai langkah peningkatan prestasi belajar pada SDN Katerban dan SDN Sembung 1 Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana manajemen kelas secara transparan di SDN Katerban dan SDN Sembung 1 Kabupaten Tuban; (b) bagaimana cara kepala sekolah membimbing guru dalam melaksanakan manajemen kelas secara transparan di SDN Katerban dan SDN Sembung 1 Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana prestasi belajar siswa di SDN Katerban dan SDN Sembung 1 Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:56
Last Modified: 12 Sep 2022 04:56
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item