Kristianto, Juli (2021) PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENINGKATKAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI TUBAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (571kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
|
Text
07 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
10 PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Juli Kristianto_190100046).pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
Abstract
Pendidikan kepramukaan merupakan subsistem Pendidikan Nasional yang mempunyai peranan penting bagi terwujudnya tujuan pendidikan nasional dalam UU RI No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Nilai-nilai karakter bangsa yang terdapat dalam kegiatan Pramuka (Darma Pramuka) adalah sebagi berikut: (1) Keimanan dan ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) Kecintaan pada alam dan sesama manusia; (3) Kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; (4) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; (5) Jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat; (6) Hemat, cermat, dan bersahaja; dan (7) Rajin dan terampil. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang pendidikan kepramukaan dalam meningkatkan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 6 Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 6 Kabupaten Tuban; (b) bagaimana cara kepala sekolah meningkatkan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 6 Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana karakter peserta didik di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 6 Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kepramukaan, Pembentukan Karakter Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 04:41 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View Item |