IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DAN RASA TANGGUNG JAWAB GURU (STUDI KASUS DI SDN TANJUNGREJO II SINGGAHAN TUBAN)

Pujiwati, Eni (2021) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DAN RASA TANGGUNG JAWAB GURU (STUDI KASUS DI SDN TANJUNGREJO II SINGGAHAN TUBAN). UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (65kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
09 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Eni Pujiwati_190100038).pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Problem solving adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Pada dasarnya kemampuan problem solving berkaitan dengan berbagai skills lain seperti kemampuan mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerjatim, dan pengambilan keputusan.Udin Syaefudin Saud (2011, hlm. 32) menyatakan bahwa: “Tanggung jawab guru dalam mengembangkan profesinya terdiri dari: (1) guru bertugas sebagai pengajar; (2) guru bertugas sebagai pembimbing; (3) guru bertugas sebagai administrator kelas; (4) guru bertugas sebagai pengembang kurikulum; (5) guru bertugas untuk mengembangkan profesi; dan (6) guru bertugas untuk membina hubungan dengan masyarakat”. Salah satu tanggung jawab guru merupakan sebagai administrator kelas pada hakikatnya merupakan jalinan antara ketatalaksanaan bidang pengajaran dan ketatalaksanaan pada umumnya. Selain itu juga, guru juga bertanggung jawab merencanakan pembelajaran sesuai dengan pedoman yang berlaku, menetapkan tujuan pencapaian pembelajaran yang harus dicapai siswa, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kondusif, juga menggunakan berbagai sumber belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini tidaklah mudah bagi seorang guru, kesalahan dalam penggunaan model pembelajaran ataupun kesalahan ketika memilih model pembelajaran yang sesuai bias saja terjadi. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang impleentasi keterampilan problem solving dan rasa tanggung jawab guru di SDN Tanjungrejo II Singgahan Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baiknilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana penanaman keterampilan problem solving di SDN Tanjungrejo II Singgahan Tuban; (b) bagaimana cara guru meningkatkan keterampilan problem solving di SDN Tanjungrejo II Singgahan Tuban; dan (c) bagaimana rasa tanggung jawab guru di SDN Tanjungrejo II Singgahan Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Problem Solving, Rasa TanggungJawab Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:23
Last Modified: 12 Sep 2022 04:23
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item