Suparman, Joni (2021) IMPLEMENTASI DISIPLIN YANG HARMONIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 cover.pdf Download (630kB) |
|
Text
02 BAB 1.pdf Download (311kB) |
|
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
07 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
|
Text
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
10. CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Joni Suparman_190100079).pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
Abstract
Disiplin yang tumbuh secara sadar akan membentuk sikap, perilaku, dan tata kehidupan yang teratur yang akan menjadikan siswa sukses dalam belajar. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana implementasi disiplin yang harmonis di SMPN 1 Gondangwetan dan SMPN 1 Tosari Kabupaten Pasuruan; (b) bagaimana cara Kepala Sekolah meningkatkan implementasi disiplin yang harmonis di SMPN 1 Gondangwetan dan SMPN 1 Tosari Kabupaten Pasuruan; dan (c) bagaimana prestasi belajar siswa di SMPN 1 Gondangwetan dan SMPN 1 Tosari Kabupaten Pasuruan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi kedisiplinan siswa yang harmonis dilakukan dengan cara koordinasi antara kepala sekolah, guru, dan staf TU, memberikan pelayanan yang baik bagi siswa/siswi, membuat langkah strategis dan taktis pelaksanaan kedisiplinan, dan bentuk penegakan disiplin adalah tertib masuk sekolah, memakai seragam lengkap atribut sekolah, pengecekan tugas, absensi, dan program ekstrakurikuler pramuka; (2) cara Kepala Sekolah meningkatkan implementasi disiplin yang harmonis adalah dengan cara meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara guru dan tim BK untuk membuat program penegakan disiplin siswa, seperti penambahan materi tentang pendidikan karakter, dan ada respon positif dari siswa; dan (3) prestasi belajar siswa meningkat berkat bimbingan dan pembinaaan usaha yang keras dewan guru dan tim BK yang terus memberikan inovasi dan motivasi belajar pada siswa, sehingga semangat belajar siswa baik dan cukup antusias meskipun dalam keadaan pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Disiplin Yang Harmonis, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:35 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/926 |
Actions (login required)
View Item |