Brillianto, Very (2021) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS IT DI SD NEGERI PUSUNGMALANG II KECAMATAN PUSPO KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01. COVER.pdf Download (586kB) |
|
Text
02. BAB 1.pdf Download (108kB) |
|
Text
03. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
04. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
05. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
|
Text
06. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
07. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
09. Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Very Brillianto_190100021).pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
Abstract
Salah satu data penting di dunia pendidikan adalah Data Pokok Pendidikan. Data Pokok Pendidikan yang selanjutnya disingkat Dapodik. Sesuai Permendikbud RI No 79 Tahun 2015 pengertian Dapodik adalah sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang didalamnya memuat data sekolah, data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan data substansi pendidikan yang bersumber langsung dari satuan pendidikan. Data data ini terus menerus diperbaharui secara online. Untuk dapat melaksanakan perencanaan dan program program pendidikan secara tepat sasaran tentu dibutuhkan data yang valid, cepat, dan up to date. Selama ini data dapodik di lingkungan sekolah hanya terdapat di komputer operator sekolah. Untuk dapat mengakses dapodik PTK yang lain dapat mengaksesnya melalui laptop dapodik pada operator atau melalui web dapodik. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan ternyata jarang memeriksa data dan mengupdate data diri secara berkala dan sukarela pada dapodik, ada beberapa alasan yang mengakibatkan hal ini terjadi diantaranya yaitu PTK tidak mengingat alamat web dapodik; lupa password masuk dapodik; enggan membuka situs web. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan alat yang dapat memudahkan akses data sehingga dapat menunjang validasi data. Melalui observasi peneliti kemudian melakukan analisis SWOT untuk memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta pendekatan R&D peneliti bermaksud mengembangkan alat berupa bot Telegram sebagai penghubung yang aman dan mudah antara PTK dan data Dapodik. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa hampir semua PTK setuju bahwa akses data pada bot Telegram terasa lebih mudah daripada melalui web dapodik. PTK merasakan bahwa dibandingkan data dapodik di website nya tampilan bot lebih sederhana, loadingnya lebih cepat, tidak memerlukan proses login sehingga tidak perlu mengingat ingat password, mudah diakses dan mudah penggunaannya. dan secara umum PTK merasakan puas dengan layanan bot.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Manajemen, Manajemen berbasis IT, Teknologi Informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:26 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/925 |
Actions (login required)
View Item |