PENGARUH DIKLAT DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI GUGUS I KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN

Maulidia, Rani (2021) PENGARUH DIKLAT DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI GUGUS I KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (804kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (529kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
07 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Rani Maulida_190100074).pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, diperlukan guru profesional yang menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk dapat menguasai empat kompetensi tersebut, guru perlu aktif mengikuti pelatihan, dan menjadikan pengalaman mengajar sebagai guru yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah diklat dan pengalaman mengajar berpengaruh terhadap kemampuan profesional guru di Gugus I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan dan seberapa besar pengaruh diklat, dan pengalaman mengajar tersebut terhadap kemampuan profesional guru Gugus I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kelas Sekolah Dasar di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan dokumentasi. Metode kuesioner digunakan untuk mengambil data kemampuan profesional guru. Metode dokumentasi untuk mengambil data diklat, dan pengalaman mengajar guru. Pengujian instrumen yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan olah data menggunakan program SPSS versi 17.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 109,378 + 0,879 X1 + 0,509 X2. Persamaan tersebut berarti bahwa diklat dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru. Hal tersebut juga dibuktikan dengan nilai Fhitung = 36,994 dan Ftabel = 2,88 pada taraf signifikansi 0,05, berarti Fhitung > Ftabel. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,765, menunjukkan bahwa diklat dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru sebesar 76,5%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa diklat dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan profesional guru di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: diklat, pengalaman mengajar, kompetensi profesional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:15
Last Modified: 09 Sep 2022 07:15
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item