MENANAMKAN BUDAYA BACA SEJAK DINI DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DIDIK DI SMK NEGERI 1 SARIREJO

Huda, Khoirul (2021) MENANAMKAN BUDAYA BACA SEJAK DINI DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DIDIK DI SMK NEGERI 1 SARIREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
07 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian ( Khoirul Huda_190100008).pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Budaya membaca yang baik merupakan kunci keberhasilan semua pelajaran di sekolah. Membaca bukanlah sekadar aktivitas melihat huruf. Membaca merupakan usaha individu yang peka terhadap kebutuhan informasi dan perkembangan ilmu. Kegiatan membaca merupakan aktivitas yang melibatkan fisik, pikiran, dan emosi. Oleh karena itu, budaya membaca di kalangan siswa menjadi sangat diperlukan dalam aktivitas belajar. Salah satu dampak langsung dari kegiatan membaca adalah prestasi belajar bahasa Indonesia yang memadai. Prestasi belajar bahasa Indonesia yang diperoleh siswa menjadi cermin kemudahan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan yang berbasis kebiasaan membaca. Kemudahan tersebut bersumber dari proses belajar yang tidak hanya mengandalkan aktivitas belajar formal di kelas, tetapi didukung oleh budaya membaca yang melekat dalam diri siswa. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana budaya membaca di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; (b) bagaimana peran guru dalam meningkatkan budaya membaca di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; dan (c) bagaimana prestasi anak didik di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif antara budaya baca terhadap prestasi belajar, pengaruh budaya baca terhadap prestasi belajar diawali dengan perencanaan(Program Kerja), motivasi dan Pelaksanaan yang sesuai dengan kondisi warga sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya Membaca, Prestasi Anak Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:59
Last Modified: 09 Sep 2022 04:59
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item