Dewi, Rohma Setya (2021) PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH YANG EFEKTIF SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN KINERJA TENAGA ADMINISTRASI ( Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme ) Kabupaten Gresik. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 COVER.pdf Download (491kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (62kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text
09 PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Rohma Setya Dewi_190100081 ).pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
Abstract
Pengelolaan Tenaga Administrasi sekolah adalah keseluruhan proses (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan) penyelengaraan kegiatan pelatihan dan pendidikan tata usaha sekolah dengan cara memberdayakan segala sumber daya yang ada guna menciptakan tenaga administrasi (tata usaha sekolah) yang handal. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana pengelolaan administrasi sekolah yang efektif di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik; (b) bagaimana cara kepala sekolah meningkatkan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik; dan (c) bagaimana kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik. Pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan administrasi sekolah yang efektif selalu memberikan pelayanan prima dan beretika dengan prinsip responivitas, responsibilitas dan akuntabilitas kinerja. Langkah-langkah yang dilakukannya adalah tertib administrasinya yaitu ada monitoring secara berkala kepada tenaga kependidikan, memfungsikan tupoksi bagi tenaga kependidikan, dan memberikan pelayanan prima; (2) Cara kepala sekolah meningkatkan kinerja tenaga administrasi yaitu dengan cara: (a) mengevaluasi hasil pekerjaan; (b) mengadakan pembinaan kepada semua tenaga pendidikan; dan (c) memberikan pelayanan prima. Adapun sikap pegawai tenaga administrasi terhadap kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga administrasi yaitu (a) menerima arahan yang telah diberikan; (b) menindaklanjuti tugas yang diberikan; dan (c) kerjasama antar pegawai; dan (3) Kinerja tenaga administrasi sesuai dengan tugas masing-masing atau personal dan menjaga disiplin kerja sesuai dengan tugasnya. Budaya kerjanya tertib, selalu mengutamakan kerjasama antar pegawai, dan selalu memberikan pelayanan prima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Administrasi Sekolah Yang Efektif, Kinerja Tenaga Administrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 04:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 04:41 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/920 |
Actions (login required)
View Item |