PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH YANG EFEKTIF SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN KINERJA TENAGA ADMINISTRASI ( Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme ) Kabupaten Gresik

Dewi, Rohma Setya (2021) PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH YANG EFEKTIF SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN KINERJA TENAGA ADMINISTRASI ( Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme ) Kabupaten Gresik. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
09 PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Rohma Setya Dewi_190100081 ).pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

Pengelolaan Tenaga Administrasi sekolah adalah keseluruhan proses (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan) penyelengaraan kegiatan pelatihan dan pendidikan tata usaha sekolah dengan cara memberdayakan segala sumber daya yang ada guna menciptakan tenaga administrasi (tata usaha sekolah) yang handal. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana pengelolaan administrasi sekolah yang efektif di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik; (b) bagaimana cara kepala sekolah meningkatkan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik; dan (c) bagaimana kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Kebomas dan SMA Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik. Pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan administrasi sekolah yang efektif selalu memberikan pelayanan prima dan beretika dengan prinsip responivitas, responsibilitas dan akuntabilitas kinerja. Langkah-langkah yang dilakukannya adalah tertib administrasinya yaitu ada monitoring secara berkala kepada tenaga kependidikan, memfungsikan tupoksi bagi tenaga kependidikan, dan memberikan pelayanan prima; (2) Cara kepala sekolah meningkatkan kinerja tenaga administrasi yaitu dengan cara: (a) mengevaluasi hasil pekerjaan; (b) mengadakan pembinaan kepada semua tenaga pendidikan; dan (c) memberikan pelayanan prima. Adapun sikap pegawai tenaga administrasi terhadap kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga administrasi yaitu (a) menerima arahan yang telah diberikan; (b) menindaklanjuti tugas yang diberikan; dan (c) kerjasama antar pegawai; dan (3) Kinerja tenaga administrasi sesuai dengan tugas masing-masing atau personal dan menjaga disiplin kerja sesuai dengan tugasnya. Budaya kerjanya tertib, selalu mengutamakan kerjasama antar pegawai, dan selalu memberikan pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Administrasi Sekolah Yang Efektif, Kinerja Tenaga Administrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:40
Last Modified: 09 Sep 2022 04:41
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item