PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) STUDI MULTI SITUS PADA SDN SUWALAN DAN SDN BEJI 2 DI KABUPATEN TUBAN

Salim, Muhammad (2021) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) STUDI MULTI SITUS PADA SDN SUWALAN DAN SDN BEJI 2 DI KABUPATEN TUBAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (404kB)
[img] Text
02 Bab 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
07 Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
10 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Muhammad Salim_190100063).pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Dalam proses pencapaiannya, factor utama yang mempengaruhi prestasi strategi pembelajaran guru. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sistem pembelajaran yang cocok dengan kinerja otak, untuk menyusun pola-pola yang mewujudkan makna, dengan cara menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini penting diterapkan agar informasi yang diterima dan dapat disimpan dalam memori jangka panjang sehingga akan dihayati dan diterapkan dalam tugas pekerjaan. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang peningkatan prestasi belajar melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada SDN Suwalan dan SDN Beji 2 di Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana prestasi belajar di SDN Suwalan dan SDN Beji 2 di Kabupaten Tuban; (b) bagaimana strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar di SDN Suwalan dan SDN Beji 2 di Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN Suwalan dan SDN Beji 2 di Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Temuan hasil penelitian ini yaitu : 1) Peningkatan prestasi belajar dipengaruhi oleh kecerdasan, motivasi, dan minat belajar anak, dukungan orang tua, lingkungan belajar anak, dan strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru. Sehingga, cara meningkatkan minat belajar siswa yaitu memilih strategi pembelajaran sesuai karakteristik siswa, melibatkan siswa, menggali pengetahuan awal siswa, mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata, menyenangkan, memberi motivasi pada siswa, menggunakan media pembelajaran, dan tempat belajar bisa di dalam dan luar kelas; 2) Cara guru meningkatkan prestasi belajar siswa adalah adanya dukungan orang tua dan guru, pembelajaran yang membuat siswa terlibat, menyenangkan, mengajak siswa menerapkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari, dan adanya reward. Sehingga strategi yang tepat adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan persiapan antara lain: menyiapkan administrasi pembelajaran, menyesuaikan dengan karakter situasi dan kondisi, melibatkan siswa, menyiapkan media, memberikan reward minimal tepuk tangan, dan penilaian; 3) Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dilakukan dengan pelibatan siswa secara penuh. Guru mengajak siswa untuk melihat fakta-fakta di lapangan, kemudian menyadarkan bahwa segala aktivitas dan fenomena kehidupan merupakan pembelajaran. Guru mendorong siswa menyimpulkan pembelajarannya sendiri. Sehingga, dampak baik dari penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu adanya peningkatan prestasi belajar, siswa aktif bertanya, mengingat materi dengan baik. Melalui diskusi kelompok, kemampuan mengemukakan pendapat dan bekerjasama meningkat. Melalui presentasi, siswa memiliki kepercayaan diri dan keberanian. Dari hasil belajar, siswa mampu menunjukkan peningkatan nilai ujian dan memenangkan perlombaan. Serta siswa dapat menguasai permasalahan abstrak melalui pengalaman kongkrit yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: unigres perpus
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:05
Last Modified: 09 Sep 2022 04:05
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item